KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH CARA MEMBUAT PERKEDEL

Wednesday, February 13, 2019

MAKALAH CARA MEMBUAT PERKEDEL


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Di Indonesia banyak sekali macam-macam makanan khas nusantara atau sering kita sebut dengan makanan khas  kuliner, karena negara kita terdiri dari beberapa pulau, dan beberapa provinsi. Dimana setiap provinsi mempunyai makanan khas daerahnya masing-masing yang mana makanan kuliner tersebut menjadikan salah satu identitas suatu daerah tersebut.
Keanekaragam suku bangsa dengan budaya, bahasa, agama, dan istiadat yang berbeda-beda itulah menciptakan aneka ragam masakan,  makanan, dan minuman yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Kuliner menjadi salah satu daya tarik tersendiri di negeri ini. Di setiap daerah di tanah air mempunyai  makanan yang khas, yang jenisnya sangat banyak sekali yang tersebar di seluruh nusantara.

1.2 Rumusan Masalah
·         Apa itu Perkedel
·         Apa saja Bahan-bahan untuk membuat perkedel
·         Bagaimana cara membuat perkedel

1.3 Tujuan
·         Agar mengetahui berbagai jenis makanan kuliner yang ada di Indonesia
·         Untuk mengetahui cara mempertahankan wisata kuliner di indonesia





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang dan daun seledri kemudian di campur bumbu-bumbu. Dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.
Perkedel juga ada yang terbuat dari ubi jalar, singkong direbus atau digoreng dan di lumatkan, yang terbuat dari tahu, tahu dilumatkan dicampur dengan bumbu-bumbu dan telur ayam lalu digoreng. Perkedel yang terbuat dari tahu biasa disebut dengan perkedel tahu.
Istilah "perkedel" berasal dari Bahasa Belanda: Frikadel, hal ini menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni memasak Indonesia. Versi aslinya di Eropa frikadel dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng, sedangkan di Indonesia perkedel dibuat dengan bahan kentang yang kadang hanya sedikit dibubuhi daging cincang atau kornet.
Perkedel sendiri juga sangat populer sebagai salah satu lauk di menu makanan rumahan.
Berbahan dasar kentang tumbuk, makanan ini sebenarnya diadaptasi dari frikadeller yang merupakan kroket kentang yang diperkenalkan warga Belanda saat menjajah tanah air.

2.2 Bahan dan Cara membuat perkedel
Bahan:
·         300 Gram kentang
·         3 Siung bawang putih
·         2 Butir bawang merah
·         1 Sendok makan garam
·         1 Ikat seledri
·         2 Kuning telur
·         1/2 Sendok teh merica bubuk
·         Minyak goreng secukupnya
Cara membuat perkedel kentang rebus:
·         Cuci kentang, kemudian rebus hingga matang. Setelah dingin, kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus.
·         Potong pangkal batang seledri yang tua, kemudian iris halus sisa batang dan daunnya. Sisihkan.
·         Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, dan merica, kemudian tumis hingga wangi dan berubah warna.
·         Campur kentang yang sudah ditumbuk dengan bumbu tumis dan daun seledri, kemudian padatkan membentuk bulatan pipih.
·         Balur perkedel dengan kuning telur yang sudah dikocok, kemudian goreng dalam minyak panas dan banyak sampai berwarna kecoklatan.
·         Itulah cara membuat perkedel kentang rebus sederhana. Sajikan perkedel kentang dalam keadaan hanga dengan nasi atau cocolan sambal.














BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki  objek wisata yang banyak. adi selain objek wisata, juga memiliki banyak wisata kuliner. Adanya objek wisata dan wisata kuliner juga sangat berpengaruh pada lapangan kerja, dan peningkatan perekonomian warga maupun kota. Oleh sebab itu objek wisata dan wisata kuliner harus dipertahankan dan dilestarikan agar meningkatkan pembangunan kota. Terutama pada wisata kuliner adalah yang harus dipertahankan, akrena merupakan ciri khas suatu daerah.
Objek wisata, maupun wisata kuliner di Indonesia ternyata cukup terkenal. Banyak wisatawan lokal maupun interlokal bahkan wisatawan mancanegara berkunjung dan mencicipi hidangan kuliner yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan adanya bantuan pemerintah dengan menyediakan tempat pusat oleh-oleh wisata kuliner khas Kediri.

3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas objek wisata maupun wisata kuliner di Indonesia harus dilestarikan, dan dipertahankan. Karena sangat dapat membantu pembangunan dan menambah perekonomian yang ada. Jadi kita harus menjaga itu semua, terlebih lagi warga asli Indonesia.









No comments:

Post a Comment