KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH KUE DADAR GULUNG

Tuesday, February 12, 2019

MAKALAH KUE DADAR GULUNG


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kue dadar gulung adalah kue tradisional asli indonesia,kue dadar merupakan salah satu koleksi dari kue jajanan pasar yang di miliki oleh indonesia.walaupun memiliki nama yang hampir sama dengan kue dadar, namun sebenarnya bahan dasar untuk pembuatan kue dadar gulung sangatlah berbeda dengan kue dadar yang hanya menggunakan tepung beras untuk adonannya. Dalam pembuatan kue dadar gulung biasanya menggunakan beberapa bahan yang biasa di gunakan untuk membuat bolu kukus.persamaan dari kedua kue ini hanyalah pada pemakaian kelapa sebagai hiasannya.
Walaupun dalam kue dadar gulung kelapa parut di gunakan sebagai isi bukan sebagai taburan. Rasa Kue dadar gulung yang manis dan gurih bisa di jadikan alternatif sebagai hidangan pada acara keluarga ataupun sebagai cemilan. Kue putu biasanya di hidangkan pada acara-acara keluarga seperti selametan,hajatan,dll. Cara pembuatannya yang mudah dan ibu-ibu di pedesaan sering membuat kue tersebut. Maka dari itu saya terinpirasi mengambil kue ini karna masyarakat yang terlihat sering memakan dan membuatnya dan banyak yang dipasarkan.

1.2 Rumusan Masalah
·         Apa itu Dadar Gulung?
·         Apa sajakah makanan/jajanan tradisional khas jawa barat?
·         Apa saja bahan-bahan untuk memebuat dadar gulung?
·         Bagaimana cara membuat dadar gulung?

1.3 Tujuan
Agar lebih mengetahui makanan khas tradisional Jawa Barat dan lebih mencintai tradisi dan kuliner Indonesia.

BAB II
PEMABAHASAN

2.1 Makanan/jajanan Khas Tradisional Jawa Barat
Makanan Tradisional adalah  makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan cita rasa dan aroma yang khas.Makanan tradisonal bisa berupa minuman, makanan lengkap, makananselingan dan jajanan. Di Negara Indonesia banyak sekali daerah yangmemiliki  makanan dan minuman  khas dari daerahnya  masing-masing.Ragam   makanan   tradisional   di   Indonesia   dipengaruhi   oleh   kebiasaanmakan   masyarakat   dan   menyatu   didalam   sistem   social   budaya   dariberbagai golongan etnik-etnik di Indonesia. Makanan tradisional dimasaksesuai aturan yang berkembang pada daerah tertentu.Jawa Barat merupakan sebuah Provinsi di Indonesia. Jawa Baratterletak di Pulau Jawa dan memiliki ibukota yang bernama Bandung.Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah suku Sunda. Jawa Barat di kenaldengan daerah pengasil the. Karena daerahnya merupakan daerah bukitdan   sangat   dingin.   Selain   itu,     Jawa   Barat   juga   terkenal   mempunyaibanyak makanan khasnya. Mulai dari makanan pokok, lauk hewani, lauknabati, sayuran hingga jajanan.

2.2 Bahan-bahan dan cara membuat kue dadar gulung
Bahan-bahan :
·         1/2 kg tepung
·         12 gram sagu
·         Sedikit air
·         Garam
·         Vanilli
·         Pewarna kue pandan
·         Untuk isinya
·         1 buah kelapa aga muda
·         1/2 kg gula merah
·         Daun pandan secukupnya

Langkah-langkah cara pembuatan :   
·         Cara buat dadar gulung Pertama campur smua bahan terigu. Gula, vanilli pewarna kue, garam, air dikit demi sedikit jgan terlalu encer ya.

·         Buat untinya.. Pertama cairkan gula merah kasih sedikit air.,daun pandan kemudian saring. Trus jngan lupa masukan kelapa aduk trus smpe kental.. Lalu angkat dan dinginkan.

·         Kemudian ambil telpon dipanaskan. Lalu oles kan sedikit bulband lalu buat deh... Gampang kan.

















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan  pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki kebudayaan lokal yang bervariasi dengan ciri-ciri khas yang membedakan kebudayaan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Kebudayaan tersebut telah menjadi jati diri sebagai bangsa Indonesia.Dunia internasional mengenal Indonesia salah satu nya dari keanekaragaman budaya yang dimiliki. Budaya lokal tersebut harus dijaga agar dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa.Selain itu kita harus memahami arti kebudayaan serta menjadikan keanekaragamanbudaya yang ada di Indonesia sebagai sumber kekuatan untuk ketahanan budaya bangsa.
Membangun kebudayaan nasional Indonesia harus mengarah kepada  suatu strategi kebudayaan untuk dapat menjawab pertanyaan, “Akan kita jadikan seperti apa bangsa kita?” yang tentu jawabannya adalah “menjadi bangsa yang tangguh dan entrepreneurial, menjadi bangsa Indonesia dengan ciri-ciri nasional Indonesia, berfalsafah dasar Pancasila, bersemangat bebas-aktif mampu menjadi tuan di negeri sendiri, dan mampu berperanan penting dalam percaturan global dan dalam kesetaraan juga mampu menjaga perdamaian dunia”.

3.2 Saran
Indonesia kaya akan segalanya namun jika kekayaan tersebut tidak mampu diupayakan semaksimal mungkin dapat berakibat fatal bagi kemajuan bangsa Indonesia. Penulis dan seluruh warga negara tentu memiliki keinginan dan harapan yang sama, yaitu memajukan Indonesia dari segala aspek termasuk kebudayaan yang ada di daerah Indonesia. Namun, hal tersebut butuh kerja keras dari semua pihak. Penulis menyarankan agar semua pihak tersebut lebih memperhatikan lagi hal sekecil apapun, karena dari hal sekecil itu dapat bisa menjadi besar jika terus diasah dan dipelihara dengan kesungguhan.










DAFTAR PUSTAKA

 







1 comment: