KUMPULAN MAKALAH : Makalah Microsoft Office Ms Word, Exel Dan Powerpoint

Wednesday, March 14, 2018

Makalah Microsoft Office Ms Word, Exel Dan Powerpoint


BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dariMicrosoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.Microsoft Word adalah salah satu program yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat cerita, surat, makalah, dll.
Microsoft Office Excel(MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembarkerjaelektronik) canggih yang paling populerdan paling banyakdigunakansaatini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih di tingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah di integrasekan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

B.           Tujuan
Berdasarkan latarmasalah diatas, tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.   Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri Microsoft Office Excel.
2.   Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
3.   Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar
4.   Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
5.   Mengoperasikanperintahcetakpadalembarsebar
6.   Mampumenggunakan / mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalamkehidupansehari-hari.

C.          Manfaat
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah :
1.   Menambah pengetahuan tentang Microsoft Office 2003 dan 2007
2.   Melatih Mahasiswa untuk membuat Makalah
3.   Menambah topik guru yang diajarkan dengan adanya Makalah dari Mahasiswa









BAB II
PEMBAHASAN


A.          Microsoft Word 2003
1.          Sejarah Microsoft Word
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo,Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfectdan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kodemarkup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, dan 2013.

2.          Pengenalan Microsoft Word 2003
Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya. Di bawah ini adalah menu-menu dan fungsinya yang ada di Microsoft Word 2003.
[pengenalan+word+b.JPG]
Gambar.TampilanMs Office Word 2003

1)      Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
2)      Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
3)      Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
4)      Tombol close dokumen
5)      Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
6)      Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertical
7)      Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
8)      Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9)      Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10)  Ruler indent : mengatur tabulasi
11)  Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
12)  Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
13)  Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14)  Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif

3.          Cara Memulai Menggunakan Microsoft Word 2003
Untuk memulai Word, Lakukan langkah-langkah berikut:
1)      Bisa dengan menggunakan klik shorcut Word yang ada di desktop, atau Pada start menu pilih Programs => Microsoft Office => Microsoft Office Word 2003
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsSoQdGO8TPBbN3_whiyUQOLf36TOwgLvi5OJRomnoMUVr_U-faYM0WGmexCPoH0TwxUrmm53rv88YETWCofN5Hq-yJzQLU0gDZQIr_r_59f5zDdF5dwtBZGchoeQcsRo_0OgWyB-b0Dg/s320/001mulai.jpg
Gambar. Memulai Ms. Office Word 2003


2)      Setelah muncul lembar kerja word
File => New (untuk membuat dokumen baru)
File => Page Setup (untuk mengatur setting halaman)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiD1ifX57QHpGdJB_mRMAeORT5aBJCUtT0Ov8G-DHG1xmix6zUlqadMDNRxHwiGryGebdbcR-LEhJy9evAXumLShSgWcqL6pjUao4KmKG0BrLpI5d6n2-6-sLp0hQ2SOW90kLj044ZalKo/s320/002mulai.jpg
Gambar. Sub menu menuju Page Setup

3)      Pada kotak dialog Page Setup, pilih tab Margin , atur margin sesuai keinginan:
Jika satuannya bukan cm ada dapat mengubahnya
·                Pada Menu bar pilih Tools => Options
·                Pada kotak dialog Options pilih tab General pada item Measurement unit pilih centimeter
·                Klik OK
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpfwx6TexirIElh081dpJBDKsPeF7WWjpTX9eOgSDCaR6YIZ94ob63At1SJEKrdRuaDklM74iHJub0JBNxY3AoSHEKHmogJntqN1pI3GorrQkzATBJXTcOCb86JIqJAxJ528pk3reaAkc/s320/003mulai.jpg
Gambar. Kotak instruksi Pengaturan tepi kertas
4)      Untuk mengatur ukuran halaman agar sesuai ukuran kertas , pilih tab Pages => Pages Size, pilih A4 atau Legal sesuai kertas anda.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBXNTaZvSmyLCPxGhYSm-esDRNi7GtLXiPVv_gEN1GQaMgUSU7ON0W2F7_3D37sw1lIc4LKOGeYsxZV8FrnF4BCIj8IWbKPdPSr6Iw6Lgw68H85TbCd8H7kTptOpafjmbUNXn1LF_cMws/s320/004mulai.jpg
Gambar. Kotak Instruksi Page Setup

5)      Mengatur Header dan Footer (berguna untuk mengatur jarak antara nomor halaman atau catatan kaki dengan tulisan)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUv_eH_YhKJ05rwJGMl09MDzuigqrp7VQgrpnPRbga73fp_lo6UrOMT83kEJFyRW-UQevQRvYQ5DUvGPsaX7shDp3CkYkOZZgwTgHmshhKqv59e_uFrFhl_JUDPrlrsJwh024tPkHbEXI/s320/005mulai.jpg
Gambar.KotakInstruksi Page Setup

4.          Cara Mengatur Nomor Halaman
1)      Klik pada section pertama.
2)      Pada menu View , Klik Header and Footer.
3)      Klik pada footer dimana anda akan membuat nomor halaman.
4)      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
5)      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number.
6)      Dalam kotak Number format, Klik format yang anda ingin beri nomor halaman padasection ini. Klik OK.
7)      Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Page Setup.
8)      Dalam kotak Headers and Footers, Klik kotak “Different first page” untuk mematikan nomor halaman pada halaman awal.
9)      Klik pada footer dari section kedua.
10)  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara footers dari dua sections.
11)  Hapus nomor halaman pada footer section kedua.
12)  Klik dalam header dari section kedua.
13)  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Link to Previous untuk memutus koneksi antara headers dari dua sections.
14)  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Insert Page Number.
15)  Pada toolbar Header and Footer, Klik ikon Format Page Number.
16)  Dalam kotak Number format, Klik format yang anda inginkan untuk nomor dalamsection ini.
17)  Tutup toolbar Header and Footer.


5.          Mengatur Paragraf
Selain menggunakan tombol shortcut, anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatur paragraf di word 2003. Cara mengatur paragraf berikut ini dengan melakukan teknik blok secara manual pada teks kemudia menggunakan option paragraph untuk mengatur ukuran paragraf /tinggi baris.

1)      Pada Menu bar, pilih Format => Paragraph
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiq3312DZuuNAZgYteN6O6EkxsWpY4_Yt5OS6e0rJkf2qUNDXifOagwD3YZb5dTHxv3oltJHTYG5BtMojvZHtLmMmXBGaJ3qptP9sK8idHyRHxTB-y_83iES0MgS-P3vj4hptADXYXY1BE/s640/atur+paragraf.jpg
Gambar.Pemilihan Sub Menu Paragraph













2)      Pada kotak dialog Paragraph, atur spacing before dan after (biasa digunakan untuk mengatur spasi antara Judul atau sub judul dengan isi tulisan)
Pada Line spacing pilih spasi yang diinginkan. Klik OK
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7y202NEgpQrmffFm3P8CmOUe3JzpDhgNE_0gyc4fuDOZldxQX0bypTFS8-MlcNCRB01pfUyPWr_yRjShSW8oZ7YqDTEUJoQCt3G5eXfzhaw0OU-ang6v7ijn5WT-lFa1EtE33734oYQE/s320/atur+paragraf002.jpg
Gambar.KotakinstruksiPengaturan Spacing Before and After

3)      Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrNto_zturcFO9O6o4FtjpN33h6d430FtWL2dbSt5ksSPeZOP4J3P-WzLFmmd4IurM2IawW-oI8akxZo5TG3-R5ICa05hf0j34T3e8V2mdyqQ9oaObHBBUxd-gAxDUrBwN7f_pkXFfMhk/s320/atur+paragraf003.jpg
Gambar.HasilPengaturanspacing before dan after


B.           Microsoft Office Power Point
1.             Penjelasan Microsoft Powerpoint
Microsoft powerpoint adalah salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat file presentasi yang dikembangkan Microsoft. Dalam microsoft powerpoint kita dapat membuat file presentasi dalam sllide-slide yang dapat kita sisipkan file video, music, animasi, dan efek-efek lainnya supaya presentasi menjadi menarik dan tidak membosankan. Microsoft Powerpoint yang akan kita bahas adalah versi 2007, tampilan powerpoint 2007 sangat mudah dan tersedia menu tabulasi atau tab menu seperti Home, Insert, Design, Animations, slide Show, Review, View, dan Add-Ins.
Tampilan Microsoft Powerpoint





2.             Membuka Microsoft Office Powerpoint 2007
Untuk membuka powerpoint, kita dapat lakukan dengan beberapa cara seperti berikut :
1)      Klik tombol Start
-                  Lalu Klik All Program
-                  Cari Microsoft Office lalu klik
-                  Klik Microsoft Office Powerpoint 2007, maka akan muncul tampilan Microsoft Office Powerpoint seperti gambar diatas.
2)      klik tombol start
-                  Lalu klik Run
-                  Ketikan “powerpoint”
-                  Enter/klik tombol OK
Setelah terbuka barulah kita dapat membuat presentasi pada slide-slide yang sudah disediakan.

3.             Membuat File Presentasi
a.              Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft Office Powerpoint
Untuk membuat file presentasi baru pada Ms. Powerpoint kita dapat melakukan langkah sebagai berikut :
a)      Klik Office Button > klik New
b)      Pada kotak dialog Pilih dan klik Blank & Recent > Blank Presentation > pilih/klik tombol Create.
Untuk menambahkan slide dan memilih layout pada Ms. Powerpoint dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
-          Dalam menu tab Home pilih dan klik New Slide untuk menambahkan slide baru, apabila kita memilih tombol New Slide bagian atas, maka kita akan disajikan slide dan layout default yaitu slide Title and Content.
-          Sedangkan untuk memilih jenis slide dan layout yang berbeda, maka pilih dan klik tombol New Slide bagian bawah maka akan muncul beberapa tampilan slide dan layout
-          Untuk mengubah layout yang sudah ada kita dapat memilih tombol Layout pada samping tombol New Slide.
Contoh Tampilan Layout Ms. Powerpoint

b.             Menentukan Tema atau Background
Untuk membuat file presentasi agar tampil lebih menarik kita dapat menentukan Background sesuai dengan yang kita inginkan dengan cara sebagai berikut :
-                 Pilih dan klik tab Design lalu pilih tema atau background yang di inginkan pada kolom Themes.
-                 Selain tema yang tersedia kita dapat menyisipkan file foto sebagai tema atau background dengan cara klik Background Styles lalu klik Format Background tandai Picture or texture fill. Pada Insert from klik File lalu pilih gambar atau foto yang kita inginkan setelah dipilih klik insert maka tampilan background pada slide kita akan berubah.


c.              Menambahkan dan Memformat Teks
Untuk menambahkan  dan  memformat  teks,  kita  dapat melakukannya dengan cara sebagai
berikut :
-                 Setelah slide terbuka, klik kotak yang tersedia dengan tulisan “ Click to add title” untuk menulis judul presentasi dan ganti dengan tulisan yang akan kita buat.
-                 Untuk memformat teks kita dapat lakukan dengan cara blok teks terlebih dahulu, lalu format teksnya bisa kita ganti hurufnya, ukuran hurufnya, ketebalan dan yang lain-lainnya.
-                 Selanjutnya pada kotak subtitlenya pun caranya sama dengan dia atas.
-                 Biasanya dalam menulis file presentasi kita juga harus memformat paragraf, bullets, numbering, dan spasi. Untuk memformatnya sama seperti kita memformat file di Ms. Word.

d.             Menyisipkan Clip Art dan Picture
Untuk menyisipkan Picture dan Clip Art kita dapat menggunakan langkah-langkah  sebagai  berikut :
-                 Klik menu Insert > pilih Picture atau Clip Art
-                 Lalu pilih gambar yang kita inginkan, setelah itu atur dan format gambarnya sesuai keinginan kita agar presentasi yang ditampilkan akan semakin menarik.

e.              Menambahkan Transisi Slide
Dengan menambhakan transisi slide, kita dapat menyajikan presentasi lebih menarik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
-                 Pilih slide yang akan kita ubah
-                 Lalu klik menu Animations dan pilih Transition scheme
-                 Dalam transition scheme terdapat beberapa transisi yang telah disediakan Microsoft Powerpoint dan terbagi dalam tiga kategori yaitu No transition, Fades and Dissolves, Wipes, Push and Cover, Stripes and Bar, dan Random.
-                 Setelah memilih transisi yang diinginkan kita dapat memilih kecepatan transisi sesuai dengan keinginan kita, selain itu kita juga dapat menambahkan efek suara-suara yang sudah di sediakan pada Ms. Powerpoint.
-                 Untuk membuat semua slide memiliki efek yang sama kita dapat memilih dan klik Apply to all.
-                 Sedangkan pada opsi Advance slide, terdapat On Mouse Click gunanya ialah slide akan berpindah ke slide selanjutnya apabila mause kita klik. Sedangkan Automatically After digunakan untuk berpindah sesuai dengan waktu yang kita inginkan.
-                 Untuk melihat efek yang kita buat kita dapat melihatnya dengan cara kita klik Slide Show

f.               Menambahkan Animmasi
Kita dapat menambahkan animasi pada teks, gambar dan yang lainnya pada file presentasinya. Untuk menambahkan animasi ialah sebagai berikut :
-                 Pilih objek yang akan diberi animasi
-                 Pilih menu Animations, dan pilih Custom Animations
-                 Kemudian klik Add Effect
-                 Pilih Entrance, untuk melihat semua tampilan efek yang disediakan pilih More Effect, lalu pilih efek yang di inginkan pada kotak Add Entrance Effect lalu klik OK.
-                 Untuk menampilkan efek yang telah kita pilih dapat kiita lihat dengan cara klik Slide Show.

g.             Menambahkan File Sound (Musik) dan Video pada Slide
Untuk menambahkan file Musik dan  Video  dapat  dilakukan  dengan  cara sebagai berikut :
-                 Pilih menu Insert
-                 Pilih dan klik Media Clips, klik Sound jika kita akan menambahkan file musik, dan Movie jika akan menambahkan file Video.
-                 Cari file yang akan kita sisipkan lalu klik OK
-                 Selanjutnya powerpoint akan menampilkan pilihan untuk menjalankan file secara otomatis maka pilih Automatically dan When Click bila kita ingin menjalankan file ketika mouse kita klik.
-                 Kemudian masuk pada menu Option yang berada dibawah Sound Tolls. Pada menu ini kita dapat mengatur volume file pada Slide Show Volume, menyembunyikan file dengan Hide During Show, jika kita ingin menampilkan file berulang-ulang kita dapat memilih Loop Until Stopped, untuk memutar file kita dapat memilih Preview

h.             Menyimpan Dokumen Powerpoint
Untuk menyimpan powerpoint yang telah kita buat, dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
-                 Klik Office Button > save > pilih folder yang akan kita simpan file powerpointnya > tulis nama file presentasi yang kita buat > klik Save
-                 Selain cara diatas kita dapat menggunakan cara dengan menggunakan tombol keyboard yaitu Ctrl+S


C.          Pengenalan dan Sejarah Microsoft Excel
1.          Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalahsebuah program aplikasilembarkerja spreadsheet yangdibuatdandidistribusikanoleh Microsoft Corporation untuk system operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang popular digunakan di dalam computer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjakversi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang di integrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administrative mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut      misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih komplek sadalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot table atau penggunaan fungsi – fungsi matematis atau punlogika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

2.          Penggunaan Microsoft Excel
a.       Menu dan icon pada Microsoft Excel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSQAg2XSIpLqpW0XeM7FSleeiRZV5ycPgHkYkWwsS2ygrsN0OCZ-AW1sVMRJXUPJdbL3vJrA3GOUtz57dMJDjVAIlY6srfdPV3DOiUtWeBQ6e49VvcOs76bmKsZCr5SyZ70pCL_6XOTmg/s320/GAMBAR+1.png
Gambar 1. Unsur-unsurutamaLayar Microsoft Excel 2007

1)      Judul
2)      Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
3)      Office Button
4)      Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
5)      Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
6)      Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
7)      Toolbar
8)      Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
9)      Help
10)  Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
11)  Lembar Kerja (Workbook)
12)  Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
13)  Cell
14)  Cell Aktif Penggulung vertikal
15)  Lembar aktif
16)  Nama Range
17)  Fungsi
18)  Penggulung
19)  Nomor Baris
20)  Nomor Kolom

3.          Membuat dokumen pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpYGKMkF_tZSLvpY_gFyzOuhj_Wr7nD-hOoWx0FEQF3j2eZFlD5VyCl0o7p4dTAAsAEGy_85ZwlnqB0cj5JRInCeIe46bizsqR_aT8LdywzRd8OOdrwXKEiwlhCdK_bF6bUZsfQOBuMZc/s320/GAMBAR+2.png
Gambar 2. PengisianDaftarNilaiSiswa

4.          Penerapan Microsoft Excel
Microsoft Excel dapatLangkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1)      Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut. Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2)      Penggunaan alignment, format font dan format Cell
3)      Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiI0ql9vcFxpDlb5PJPQebXEezBgCZIWS6-ui3iWQXNgv7u7OlNzFscVBIFOHHlhY9n_KZJH0di5eRAwaJTO2EhzXpPu3kWBv4zpuwndvXlCpVKHLhbvaiCBgQHv5SK0O2p3Unrm2gkkNE/s320/GAMBAR+3.png
Gambar 3 Meletakkan Judul Ditengah
Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.




4)      Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_n49XN_f_tCyVO2JjOETXORPLcyqP-kLiogUwonNgAIbPUXKPsEy3mRAnHDPXGqdNJoOqqXKKvIpssBhhCmWLmKuouMaRhVgiAKjSH-9Y96GYdtCHFgE9G9dzaeyOsIaf_loJvEhA8Ho/s320/GAMBAR+4.png
Gambar 4Pengaturan Style Tabel

Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLDOt9dN6tS8nlgOrs1JO6osD-31RFBq9mq4gsBxxbvoq9IcZSV-rTj9KjYQsQOC4jUqXvyCXO48kZPqAx8C37yXQYUdGQoZLEXmMFtu1K5_MGr3lwH8aT2fkDPdipOxPwklxJdoGYSgY/s320/GAMBAR+5.png
Gambar 5PembuatanTabel

Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIuGZ706OJdKlgW1c-eG4Ja3Y8FtuYQBBlh9u8hCBu6xVwz5Wdg4n82JAEX5BG7zwRaDnjLYnehR_vw-3bVyygMqDrynaUaR5i8sOhmBwqmvKgbv2hBrOv3BQgBee328S5_qX4pXrfPJ8/s320/GAMBAR+6.png
Gambar 6fasilitas format cell

5.          Macam-macam formula
a.              =SUM(…)
Fungsinya :Untukmelakukanpenjumlahan
Bentukumum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
b.              =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
c.              =MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetansel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
d.              =MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
e.              =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)

f.               =ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
g.              =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negative
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
h.              =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar samadengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
i.                =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887 hari
j.                =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertical
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
k.              =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
l.                =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
m.            =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
n.              =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)









BAB III
PENUTUP

A.          Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.

B.           Saran
1.           Mahasiswadiharapkanmempelajarimicrosoft office 2007 ataumicrosoft office 2013 khususnyabagianmicrosoft excel

2.           Sebagaimahasiswa management bisnis yang akanbekerjadengansistem management perusahaan, kitadituntutuntukmenguasaiaplikasikomputer Microsoft Office 2007, baik Ms Word, Ms Excel, Ms Powerpoint, Ms Out Look (Email).








Semoga Bermanfaat :)


2 comments: