KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH SENAM KETANGKASAN

Monday, September 21, 2020

MAKALAH SENAM KETANGKASAN

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

Menurut asal kata, senam (gymnastics) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya: "untuk menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh atlet-atlet yang telanjang". Dalam abad Yunani kuno, senam dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat pertumbuhan badan yang harmonis, dan tidak dipertandingkan. Baru pada akhir abad 19, peraturan-peraturan dalam senam mulai ditentukan dan dibuat untuk dipertandingkan. Pada awal modern Olympic Games, senam dianggap sebagai suatu demonstrasi seni daripada sebagai salah satu cabang olahraga yang teratur.

Menurut Menke G. Frank dalam Encyclopedia of Sport, as Bannes and Company, New York, 1960, senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas/banyak atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot tubuh seperti : pergelangan tangan, punggung, lengan dan lain sebagainya. Senam atau latihan tersebut termasuk juga : unsur-unsur jungkir balik, lompatan, memanjat dan keseimbangan.

Olahraga senam sendiri ada bermacam-macam, seperti : senam kuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, senam artistik. Secara umum senam memang demikian adanya, dari tahun ke tahun mengalami penyempurnaan dan semakin berkembang. Yang dulunya tidak untuk dipertandingkan, namun sejak akhir abad 19 mulai dipertandingkan.

 

1.2  Rumusan Masalah

·         Apa yang dimaksud dengan senam ketangkasan?

·         Apa saja 3 macam senam ketangkasan ?

·         Apa manfaat dari senam ketangkasan?

 

1.3  Tujuan Masalah

·         Untuk mengetahui senam ketangkasan

·         Untuk mengetahui jenis-jenis senam ketangkasan

·         Untuk mengetahui manfaat senam ketangkasan.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1  Pengertian senam ketangkasan

Senam berasal dari tejemahan kata gymnastiek (bahasa Belanda), gymnastic (bahasa Inggris), gymnastiek (bahasa Belanda, gymnastiek asal katanya dari gymnos (bahasa Greka). Gymnos berarti ‘telanjang’. Gymnastiek pada zaman kuno memang dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Maksudnya agar gerakan dapat dilakukan tanpa gangguan sehingga menjadi sempurna. Tempat berlatih senam di zaman Yunani Kuno disebut Gymnastium.

Senam memiliki batasan tersendiri. Senam adalah sekelompok susunan latihan tubuh (jasmani) yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja, disusun secara sistematis dan metodis dilakukan dengan sadar dengan tujuan membentuk pribadi secara harmonis.        

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.    

Senam ketangkasan sering dikatakan dengan senam pertandingan atau senam artistik, karena bentuk-bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan baikmengenai sikap pada waktu akanmelakukan, keindaha dan ketepatan, serta keseimbangan pada sikap akhirnya.

Senam ketangkasan dasar adalah senam ketangkasan atau senam artistik yang menggunakan alat matras. Latihan-latihannya dilakukan diatas lantai beralaskan matras di dalam gedung atau bangsal senam, maka biasanya dapat pula disebut senam lantai.

 

2.2 Macam Senam Ketangkasan dan Contohnya

Secara garis besar senam ketangkasan dibagi menjadi dua macam, yaitu tanpa menggunakan alat dan dengan menggunaan alat. Berikut penjelasannya:

 

 

2.2.1 Senam Ketangkasan Tanpa Alat

Senam ketangkasan tanpa alat ialah senam yang dilakukan tanpa menggunakan alat bantu apapun atau bisa juga dikatakan bahwa senam ketangkasan tanpa alat murni dilakukan oleh gerakan tubuh. Contoh senam ketangkasan tanpa menggunakan alat:

·         Meroda

Gerakan meroda merupakan gerakan berguling kesamping menyerupai roda. Gerakan meroda bisa dilakukan dengan menggunakan tumpuan kaki dan tangan secara bergantian. Tata cara dalam melakukan gerakan meroda yaitu:

Sikap awal dari gerakan meroda adalah berdiri tegak di atas matras, bukalah kaki selebar bahu, dan angkat kedua tangan ke atas.

Setelah itu bergeraklah ke samping kanan dengan cara meliukkan tangan kanan ke matras sebagai tumpuan yang ada di samping kanan.

Angkatlah kaki kiri secara bersamaan dengan meletakkan tangan kiri di samping tangan kanan. Posisikan kedua kaki di atas.

Gerakan yang terakhir, angkat tangan kanan dan tangan kiri menyentuh matras, hingga tubuh kembali berdiri dengan tegak.

 

·         Guling Depan atau gerakan forward roll

Guling depan merupakan gerakan berguling dengan berurutan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan yang terakhir adalah panggul bagian belakang. Tata cara dalam melakukan guling depan yaitu:

Sikap awal dari gerakan ini adalah jongkok, rapatkan kedua kaki, posisikan kedua telapak tangan sejajar bahu.

Letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu.

Tekuk siku ke samping dan masukkan kepala di antara kedua tangan. Kemudian tempelkan tengkuk ke matras dan mulailah berguling ke depan dengan mendorong berat badan Anda secara perlahan ke depan juga.

Selanjutnya lipatlah kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke arah dada dengan posisi tangan merangkul lutut.

Gerakan terakhir adalah jongkok dengan posisi kedua kaki rapat. Ingat bahwa gerakan akhir harus selalu seimbang.

 

·         Guling ke Belakang atau gerakan back roll

Guling ke belakang merupakan gerakan berurutan juga mulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir adalah kedua kaki. Tata cara dalam melakukan guling ke belakang yaitu:

Sikap awalnya adalah jongkok daengan membelakangi matras. Posisikan lengan lurus ke depan.

Jatuhkan badan ke belakang dengan menarik dagu ke dada, kemudian bengkokkan lengan dan atur telapak tangan menghadap ke atas. Letakkanlah ibu jari Anda dekat dengan telinga.

Gulingkan badan ke belakang dengan mendarat pada kaki. Lepas tangan dari matras dengan pandangan fokus lurus ke depan.

Tolakan tangan sampai lengan lurus pada saat pantat Anda melewati titik tertinggi pada saat mengguling ke belakang. Lakukan pendaratan dengan kaki dan lepas tangan dari matras. Fokus pandangan ke depan dan selalu jaga keseimbangan.

 

2.2.2 Senam Ketangkasan dengan Alat

Senam ketangkasan dengan alat misalnya senam dengan menggunakan kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Contoh senam ketangkasan yang menggunakan alat bantu, antara lain:

·         Lompat Kangkang

Gerakan lompat kangkang merupakan gerakan yang seperti meloncat melewati rintangan. Saat badan melayang di udara maka kuda-kuda tangan direntangkan. Luruskan kedua tungkai agar bisa melewati samping kanan dan kiri dari peti lompat.

Latihan gerakan ini bisa menambah ketangkasan, kekuatan, kelincahan keberanian dan konsentrasi. Tata cara dalam melakukan lompat kangkang yaitu:

Lakukan gerakan awal dengan berlari cepat, kemudian condongkan badan ke depan dan lakukan gerakan menolak dengan kedua kaki pada papan sekuat tenaga Anda. Anda bisa menyertainya dengan gerakan ayunan dari belakang bawah ke depan, luruskan badan dan pisahkan tungkai.

Ketika tangan menyentuh bagian pangkal kuda dan melakukan gerakan tolakan sekuat-kuatnya, maka badan akan melayang di atas kuda-kuda dengan sikap yang lurus. Rentangkanlah lengan Anda dan pandangan berkonsentrasi agar tetap fokus ke depan.

Lakukan proses pendaratan dengan menggunakan ujung kaki mengerper dan rentangkan kedua lengan Anda ke atas.

 

·         Lompat Jongkok

Lompa jongkok mempunyai manfaat yang sama dengan lompat kangkang. Perbedaannya yaitu lompat kangkang hanya memodifikasi gerakan kaki dari posisi kangkang menjadi posisi jongkok. Tata cara dalam melakukan lompat jongkok yaitu:

Awali gerakan dengan berlari cepat. Condongkan badan ke depan. Lakukan tolakan pada kedua kaki ketika berada pada papan tolak kemudian ayunkan lengan ke atas. Gerakkan tangan yaitu menumpu pada pangkal kuda-kuda dan pandangan fokus ke depan dekat dengan kedua tangan.

Lakukanlah tolakan pada kedua tangan dengan kuat dan tekuk lutut ke arah dada. Luruskan bagian tungkai ketika posisi berada di ujung kuda-kuda.

Mendaratlah pada ujung kaki dan rentangkan kedua tangan ke atas.

 

2.3 Manfaat Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

·         Kebugaran Tubuh

Setelah kita melakukan senam ketangkasan tubuh kita akan terasa lebih bugar, semakin segar dan tidak lemah dan lesu, serta dalam penampilan pun akan menjadi bagus. Ketika senam ketangkasan dilakukan secara rutin maka otot tubuh akan terbentuk dan semakin kencang.

 

·         Otot Menjadi Kencang

Dengan melakukan senam ketangkasan secara rutin, dan tidak hanya dilakukan hanya sekali atau dua kali saja, maka akan membuat otot kita menjadi lebih kencang.

 

·         Menjadikan Tubuh Indah

Apabila kita sering melakukan senam ketangkasan maka tubuh kita akan menjadi ideal, sebab banyak gerakan senam ketangkasan yang bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

 

·         Tubuh Sehat

Ketika kerigat keluar pada waktu olahraga, tubuh juga mengalami peningkatan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik dengan cara olah raga secara rutin.

Dalam melakukan senam ketangkasan, pada awal kita berlatih harus didampingi oleh pelatih yang berpengalam, dengan tujuan ada yang mengamati gerakannya sudah benar atau belum dan juga bisa untuk melatih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Senam ketangkasan sering dikatakan dengan senam pertandingan atau senam artistik, karena bentuk-bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan baikmengenai sikap pada waktu akanmelakukan, keindaha dan ketepatan, serta keseimbangan pada sikap akhirnya.

Senam ketangkasan bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara kebugaran. Jenis dari senam ketangkasan yaitu roll, backroll, hedstand, handstand, dan lain sebagainya.

 

3.2 Saran

Dalam penulisan makalah ini kami selaku penulis menyarankan agar kita terbiasa untuk hidup sehat dan diantaranya dengan melakukan senam untuk meningkatkan kebugaran jasmani serata mengembangkan kualitas fisik untuk hidup menjadi lebih sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment