KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH KREASI KERAJINAN INSPIRASI NON BENDA

Sunday, August 2, 2020

MAKALAH KREASI KERAJINAN INSPIRASI NON BENDA

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Mengunjungi Daerah Kalimantan Timur tentunya kita langsung teringat dengan salah satu sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Mahakam. Dengan luas wilayah hampir mencapai satu setengah kali luas pulau Jawa dan Madura. Kalimantan timur memiliki kekayaan alam yang melimpah dan berpotensi besar untuk di angkat menjadi produk komoditas yang bernilai ekonomi tinggi.

Berbatasan langsung dengan Malaysia Timur (Sabah) di bagian utara, Selat Makassar dan Laut Sulawesi di bagian timur, serta Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah di bagian selatan dan barat,membuat Kalimantan Timur memiliki potensi bisnis daerah yang cukup beragam. Dari bidang perkebunan, peternakan,hasil hutan, perikanan dan kelautan, sampai objek wisata alam, menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat umum di Daerah Kalimantan Timur.

Sektor perkebunan misalnya Kalimantan Timur berhasil mengembangkan produk komoditas berupa karet,kelapa hybrida, kelapa sawit, kopi, lada, cengkeh, kakao, jarak, nira, serta beberapa tanaman  farmasi. Lebih dari 4,7 juta Ha dikembangkan sebagai perkebunan kelapa sawit dan sisanya dipergunakan sebagai lahan perkebunan produk komoditas lainnya. Di sektor peternakan daerah Kalimantan Timur lebih di dominasi oleh peternakan sapi, kambing, domba, dan ayam.

Selain terdiri dari daratan yang luas,provinsi Kalimantan Timur juga  memiliki  wilayah perairan yang tidak kalah luas. Yang disekitarnya terdapat banyak hutan mangrove, sedangkan untuk tangkapan hasil lautnya antara lain ikan kerapu, ikan tuna, teripang dan masih banyak lagi hasil perairannya baik di air tawar maupun di air laut. Tidak hanya itu saja Kalimantan timur juga kaya akan potensi wisata alamnya,sebut saja seperti Pulau Derawan di Berau, Kawasan Hutan Tropis Bukit Bangkirai, Konservasi Satwa Orangutan.

Selain kaya dengan sumber daya alamnya Kalimantan Timur juga kaya akan kebudayaannya. Budaya terbagi menjadi 2 yaitu, Budaya lokal nonbenda dan Artefak/objek budaya.Budaya lokal nonbenda seperti tarian, pantun, cerita rakyat, upacara adat dan lain-lain. Tarian-tarian khasnya yaitu,tari gong, tari perang, huduk dan belian, tari gantar, tari ngeleway, tari kencret dan masih banyak lagi. Cerita rakyatnya seperti cerita batu menangis, asal mula ikan pesut, dan masih banyak lagi. Lagu-lagunya yaitu, Indung-Indung, tingkilan, kajien dan masih banyak lagi kebudayaan yang ada di Kalimantan Timur.

Sedangkan Artefak/objek budaya yaitu, seperti senjata tradisional, rumah adat, pakaian adat. Senjata tradisionalnya yaitu, Mandau. Mandau merupakan senjata tradisional rakyatnya. Mandau itu ada dua macam. Pertama yang disebut tampilan dan dipakai untuk perang dan upacara. Kedua Mandau yang biasa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Rumah adatnya yaitu Rumah Lamin. Rumah Lamin adalah rumah adat Suku Kenyah di Kalimantan Timur. Rumah Lamin terbagi atas ruang dapur,ruang tidur dan ruang tengah yang digunakan untuk menerima tamu atau pertemuan adat. Pakaian adatnya, yaitu pria memakai tutup kepala (topi) berhiaskan bulu-bulu enggang, baju rompi dan kain tenun sebatas lutut.sedangkan wanitanya memakai topi dengan hiasan yang khas baju rompi dan kain(rok)dengan warna dan hiasan yang khas pula.

Dari kekayaan sumber daya alam yang dimiliki provinsi Kalimantan Timur banyak yang dapat diguakan sebagai bahan kerajinan seperti, rotan yang dapat dibuat menjadi topi khas suku dayak maupun karpet yang dianyam, bambu yang dibuat anyaman tikar, tumbuhan eceng gondok dapat dibuat  tas, kayu ulin dapat di buat menjadi kerajinan aksesoris bermotif khas Kalimantan Timur dan masih banyak lagi.

Macam-macam kerajinan khas Kalimantan Timur diantaranya yaitu, Lampit rotan. Lampit rotan merupakan tikar yang terbuat dari rotan yang di anyam sedemikian rupa sehingga terbentuk menjadi tikar. Tidak hanya itu  saja namun masih ada lagi yaitu dompet yang terbuat dari manik-manik yang bermotifkan motif khas Kalimantan Timur. Terdapat juga souvenir-souvenir yang bermotif khas Kalimantan timur yang di buat oleh masyarakat sekitar di Kalimantan timur yang kemudian di jual. Hal ini dapat menjadi penghasilan tambahan mereka.

Alasan kami untuk membuat kerajinan tangan dengan terinspirasi budaya lokal non benda  khas Kalimantan Timur adalah karena ingin lebih memperkenalkan motif khas Kalimantan timur kepada masyarakat yang lain melalui tempat tisu yang terbuat dari kain yang dihiasi motif khas Kalimantan Timur. Kerajinan non benda khas Kalimantan Timur yang diketahui bahwa dikalangan masyarakat jika memiliki tisu kotakan pasti memiliki tempat tisu yang secara tidak langsung memperkenalkan kepada masyarakat motif khas Kalimantan Timur melalui tempat tisu yang dihiasi motif khas Kalimantan Timur dengan demikian Kalimantan timur menjadi lebih terkenal dikalangan masyarakat baik dari motif khasnya, budayanya, lagu daerahnya, tariannya, dan masih banyak lagi yang dapat diangkat menjadi inspirasi pembuatan karya kerajinan.

Kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda adalah salah satu jenis kerajinan yang memfokuskan pada kerajinan yang idenya berasal dari budaya budaya tradisional dalam negeri yang bukan benda seperti cerita rakyat, mitos, tarian, pantun. Jadi dari hal hal tersebut mereka bisa mendapatkan ide untuk menciptakan usahanya sendiri. Maka dari itu kami berusaha memberdayakan suatu kerajinan agar dapat menambah peluang usaha bagi banyak masyarakat dari inspirasi non benda yang utamanya berada di Kalimantan Timur dan juga agar dapat mengenalkan budaya – budaya khas dari karya tersebut. Contohnya memanfaatkan inspirasi non benda lagu buah bolok menjadi berbagai jenis kreasi kerajinan salah satunya “kotak tisu corak buah bolok”

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan kepada latar belakang yang telah dipaparkan di atas maka timbulah rumusan masalah berikut:

1.       Apa produk yang akan di buat?

2.       Apa saja manfaat dari membuat kerajinan inspirasi non benda?

3.       Apa saja keunggulan kerajinan inspirasi non benda dibandingkan dengan kerajinan yang lain?

4.       Bagaimana cara untuk memasarkan kerajinan yang dibuat?  

5.       Bagaimanakah peluang usaha yang dapat kita kembangkan dari kerajinan inspirasi non benda?

 

 

C.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan dari rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas maka munculah beberapa tujuan sebagai berikut:

1.       Untuk mengetahui produk kerajinan apa yang akan dibuat.

2.       Untuk mengetahui manfaat dari membuat kerajinan tersebut.

3.       Untuk mengetahui keunggulan produk kerajinan tersebut dibandingkan dengan produk kerajinan yang lain.

4.       Untuk mengetahui cara untuk memasarkan kerajinan yang dibuat.

5.       Untuk mengetahui besarnya peluang usaha yang dapat di kembangkan dari produk  kerajinan tersebut.

 

     D.    Manfaat penelitian

1.       Bagi Siswa

Memberikan tambahan wawasan kepada siswa tentang kekayaan budaya yang dimiliki Kalimantan Timur terutama budaya lokal non-benda khas Kalimantan Timur yang akan menjadikan siswa lebih menghargai atau mengapresiasi budaya-budaya daerahnya dan juga mengajarkan siswa untuk menjadi wirausahawan yang sukses di bidang kerajianan.

2.       Bagi Guru

Mendidik siswa agar lebih menghargai atau mengapresiasi budaya-budaya daerahnya dan juga menjadikan siswa-siswanya untuk mengenal kewirausahawan khususnya dibidang kerajinan.

3.       Bagi Masyarakat

Membuat masyarakat mengetahui apakah produk kerajinan yang dibuat tersebut dapat menjadi peluang usaha yang dapat dikembangkan di lingkungannya sehingga dapat menarik pekerja-pekerja di wilayah tersebut sehingga menjadikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan membuat masyarakat lebih paham lagi bagaimana budaya lokal non-benda itu terutama yang dijadikan sebagai inspirasi pembuatan produk kerajinan.

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA/DASAR TEORI

 

A.  Pengertian Kerajinan

1.      Kerajinan adalah semua kegiatan dalam bidang industri atau pembuatan barang sepenuhya dikerjakan oleh sifat rajin, terampil, ulet serta kreatif dalam upaya pencapaiannya. (Wiyadi,dkk,1991:915)

2.      Kerajinan merupakan keterampilan tangan yang menghasilkan barang-barang bermutu seni, maka dalam prosesnya dibuat dengan rasa keindahan dan dengan ide-ide yang murni sehigga menghasilkan produk yang berkualitas mempunyai bentuk yang indah dan menarik. (Soeprapto,1985:16)

3.      Kerajinan adalah hasil produk atau barang seni kerajinan pada dasarnya memiliki fungsi yang mengandung kegunaan murni secara praktis maupun mengandung kegunaan murni secara estetis. (Isyanti,dkk,2003:17)

4.      Kerajinan adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan berdedikasi tinggi dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya. (Kadjim 2011 : 10)

Dapat disimpulkan, Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalu ketermpilan tangan. Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.

Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai.menurut ahli, kerajinan merupakan keterampilan tangan yang menghasilkan barang-barang bermutu seni, maka dalam prosesnya dibuat dengan rasa keindahan dan dengan ide-ide yang murni sehingga menghasilkan produk yang berkualitas mempunyai bentuk yang indah dan menarik (Soeprapto,1985:16)

Dari pernyataan ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa kerajinan adalah keterampilan untuk dapat membuat produk – produk yang bernilai yang kerajinan tersebut di dasarkan oleh ide – ide yang murni sehingga dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.

 

B.  Macam-macam Kerajinan

Kerajinan dibagi menjadi 3 yaitu:

1.      Kerajinan tangan adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuat kerajinan dengan menggunakanan keterampilan tangan manusia. Contohnya kain tenun batik. 

2.      Kerajinan anyam adalah suatu kerajinan yang dapat menciptakan keindahan buatan manusia dengan menggunakan teknik anyam. Contohnya tempat makan, sandal, tas.

3.      Kerajinan keramik adalah kerajinan yang berbahan baku tanah liat dan proses pembuatannya melalui proses pembakaran. Contohnya guci, gerabah, porselin.

 

C.  Inspirasi Budaya Lokal Non Benda

Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda adalah salah satu bentuk kerajinan yang memfokuskan pada kerajinan yang idenya berasal dari budaya-budaya tradisional dalam negeri yg bentuknya bukan benda seperti cerita rakyat, mitos, tarian, pantun. Kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda juga berarti usaha kerajinan (benda) yang inspirasinya / ide pembuatannya berasal atau berkaitan dengan kebudayaan lokal / tradisional dalam negeri yang bukan benda. Kerajinan seperti ini juga membantu masyarakat untuk lebih mencintai dan mengenal kembali lebih dalam akan seni budaya tradisional, dan tidak hanya hobi menyukai seni moderen saja yang belum tentu positif  pengaruhnya.

Jadi dari hal hal tersebut kemudian mereka bisa mendapatkan ide untuk menciptakan usahanya sendiri. Misalnya membuat kerajinan kostum berdasarkan cerita rakyat.

 

D.  Pengertian Budaya Lokal

Budaya Lokal adalah berbagai macam  kebudayaan yang muncul dalam suatu masyarakat yang telah padu dan memiliki satu kesamaan dalam pola pikir dan berkehidupan sosial sehingga mampu menumbuhkan suatu ciri tertentu biasanya berupa kegiatan maupun aktivitas yang dilestarikan dan diagungkan oleh masyarakat bersuku bangsa tersebut.

 

E. Macam-macam Inspirasi Budaya Lokal Non Benda

Macam macam budya lokal yang ada di Indonesia yaitu:

1.       Kesenian daerah.

Di Indonesia kita dapat menemukan berbagai kesenian daerah dengan tujuan yang berbeda beda.

2.       Tarian daerah.

Tari daerah seperti:tari gantar, tari leleng, tari ngelewai dan lain sebagainya berdasarakan daerah masing masing.

3.       Lagu daerah

Lagu daerah seperti: indung indung, buah bolok, lamin talungsur dan lain sebagainya.

 

4.       Tradisi di indonesia.

Tradisi di Indonesia seperti: Seni tato dan telinga panjang menjadi ciri khas atau identitas yang sangat menonjol sebagai penduduk asli Kalimantan. Dengan ciri khas dan identitas itulah yang membuat suku Dayak di kenal luas hingga dunia internasional dan menjadi salah satu kebanggan budaya yang ada di Indonesia.

Setiap jenis budaya tradisi baik nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.

 

F.  Manfaat Kerajinan Inspirsi Budaya Lokal Non Benda

Manfaat kerajinan inspirasi budaya lokal non benda adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembuatan – pembuatan karya ataupun produk yang idenya berasal dari inspirasi budaya lokal non benda, yang masih jarang di aplikasikan pada zaman sekarang yang menyebabkan peluang yang besar dalam pembuatan kerajinan tersebut. Selain itu kerjinan inspirasi budaya lokal non benda dapat meningkatkan rasa cinta masyarakat kepada produk – produk dalam negri dan menambah wawasan masyarakat akan budaya sendiri yang mungkin cenderung hilang di masyarakat. Dan untuk negara dapat meningkatkan perekonomian negara dan kestabilan taraf hidup di Indonesia di karnakan kerajinan – kerajinan yang tidak kalah berkualitas dengan kerajinan – kerajinan luar yang pasti dapat bersaing di kanca internasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

 A. Waktu dan Tempat Pembuatan Produk

WAKTU

KEGIATAN

TEMPAT

Senin, 9 oktober 2017

Memotong kain fannel sesuai dengan bentuk yang diinginkan

SMAN 10 SAMARINDA

 X MIPA 4

Selasa, 10 oktober 2017

Menjahit kain fannel sesuai ukuran

SMAN 10 SAMARINDA

 X MIPA 4

Rabu, 11 oktober 2017

memotong kain flannel menjadi bulat

SMAN 10 SAMARINDA

X MIPA 4

Kamis, 12 oktober 2017

Membuat  motif Kalimantan Timur bulatan buah bolok

SMAN 10 SAMARINDA

X MIPA 4

Jum’at,13 oktober 2017

Pembuatan kemasaan dan finishing produk

SMAN 10 SAMARINDA

X MIPA 4

 

 

 

B. Metode Penelitian

Dalam penulisan kti ini metode yang di gunakan adalah metode kualitatif – deskriptif yaitu metode yang terdapat pengumpulan data – data atau dokumen, laporan jurnal atau sumber lain yang menggunakan literature review.Kami menggunakan metode ini karena lebih memudahkan kami dalam menyelesaikan tugas kami dan waktu pengerjaannya singkat.

 

C. Teknik Pengumpulan

Teknik pengumpulan diperoleh dengan cara menganalisis dari berbagai sumber di internet, buku maupun jurnal. Kemudian data – data tersebut di analisis dengan cara menyajikan dan menerangkan data dalam bentuk yang dapat di pahami dan sistematis.

 

D.  Prosedur Pembuatan Produk

Teknik yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut adalah teknik menjahit. Teknik menjahit adalah pekerjaan menyambung kain dengan bantuan jarum dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan jarum tangan ataupun mesin.Teknik yang kami gunakan yaitu, menjahit menggunakan tangan, penempelan motif menggunakan lem, dan pengecatan dalam kemasan.

 

E.     Biaya Pembuatan Produk

Bahan dan alat

Jumlah

Harga

Benang jahit

1 buah

Rp 3.000,00

Jarum

1 buah

Rp. 2.000,00

Kain flannel

10 buah

Rp 15.000,00

Lem castol

2 buah

Rp 10.000,00

Kertas mika

1 buah

Rp 1.000,00

Jumlah:

Rp 31.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

A.  Gambaran Umum Produk

Produk atau kerajinan yang di buat berdasarkan inspirasi kebudayaan lokal khas KalTim ialah kotak tisu dengan corak buah bolok yang terispirasi dari lagu buah bolok yang menceritakan rasa dari buah bolok itu sendiri dan juga di dalam lagu tersebut menceritakan kekayaan alam maupun kekayaan budaya khas Kutai Kartanegara.

Produk kami membuat tempat tisu itu sendiri menggunakan kain fannel dengan berbagai warna lalu kami menjahitnya menggunakan tangan dan hiasannya dari motif motif kal-tim sebagai tangkai dari buah bolok dan juga buah boloknya kami bentuk bulat bulat menggunakan kain fannel.

Kemasan yang kami pakai adalah kemasan yang kami buat sendiri menggunakan kardus bekas yang tidak terpakai lagi lalu,bagian atasnya di bolongi agar pembeli dapat melihat kerajinan dari luar tanpa harus membuka kemasan,kemasan tersebut juga kami beri warna kuning dengan cat agar lebih terlihat bersih dan rapi.

 

   B.  Alat Dan Bahan Yang Bibutuhkan

 Alat dan bahan:

1.       Kain fannel warna – warni dengan ukuran 24x24 cm

2.       Lem castol

3.       Benang

4.       Jarum

5.       Gunting

6.       Kotak sepatu

7.       Kertas mika

 

C. Langkah – Langkah Pembuatan

1.       Pertama-tama buatlah sketsa kerajinan yang akan dibuat.

2.       Siapkan kain fannel sebagai warna dasar kotak tisu.

3.       Guntingkain fannel menyesuaikan dengan besar kotak tisu.

4.       Jahit fannel memakai jarum dan benang untuk menyatukan kain fannel.

5.       Lalu bentuk kain fannel menjadi kotak tisu lalu masukan tisu.

6.       Selanjutnya gunting kain fannel menjadi berbagai motif Kalimantan Timur dan bulat sebagai buah bolok memakai bermacam warna.

7.       Lalu tempelkan motif dan bulatan tadi ke kain flannel dasar yang telah dibuat.

8.       Lalu buat corak-corak menarik dengan menggunakan kain flannel.

9.       Lalu kemasan dibuat dari kotak sepatu yang dipotong lalu di beri mika dan hiasan.

10.   Finising dengan membersihkan atau merapikan kerajinan yang masih terlihat kurang rapi.

 

D. Pembahasan

1.      Produk Yang Dibuat.

Produk kerajinan kotak tisu corak buah bolok ini adalah salah satu kerajinan inspirasi kebudayaan lokal non benda khas Kalimantan timur, ide ini di dapatkan dari lagu bolok yang adalah salah satu lagu daerah khas Kalimantan Timur, pembuatan kerajinan yang mudah menambah nilai efisien waktu bagi kami dalam membuat kerajinan ini.

 

2.      Manfaat Dari Kerajinan Yang Dibuat

Manfaat dari tempat tisu yang kami buat  adalah untuk mepercantik dan memperindah tempat tisu yang kita miliki. Tempat tisu ini juga bermanfaat sebagai hiasan agar rumah yang kita miliki tampak rapi dan bersih, tidak hanya itu saja kegunaan dari tempat tisu adalah untuk menghindarkan tisu dari debu-debu yang berterbangan dan fungsi utama dari tempat tisu adalah sebagai tempat meletakkan tisu yang tidak memiliki tempat.

 

3.      Keunggulan Kerajinan Yang Dibuat Dibandingkan Kerajinan Yang Lain

Keunggulan dari tempat tisu ini dari yang kami amati tempat tisu ini lebih menekankan kebudayaan kaltim yang menggunakan corak buah bolok pada hiasannya. Corak buah bolok sendiri adalah  corak yang terinspirasi dari lagu khas daerah kutai kartanegara. Tempat tisu seperti ini dapat meningkatkan kebudayaan yang ada di Kalimantan Timur. Tempat tisu ini juga memiliki keunikan tersendiri yang  dapat menjadikannya produk yang lebih unggul dari produk lainnya.

Semua orang yang menyukai produk dan karya Indonesia pasti suka sekali megoleksi produk-produk Indonesia yang unik termasuk tempat tisu becorak buah bolok yang unik ini. Siapapun dapat menggunakan tempat tisu ini termasuk orang asing  juga boleh menggunakannya namun dengan syarat dia harus membeli barang tersebut sebelum memiliki dan menggunakannya. Siapapun dapat menggunakan produk ini asalkan dia sudah memilki produk tersabut.

 

4.      Cara Memasarkan Kerajinan Yang Dibuat

Untuk memperkenalkan produk tersebut kita dapat melakukan pemasaran dengan menjualnya kepada masyarakat sekitar, menitipkannya di toko-toko kerajinanatau toko oleh-oleh daerah dalam  melakukan penyebaran produk tersebut, melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan produk yang kami buat dengan begitu masyarakat yang belum mengetahui produk yang kami buat menjadi  tahu dengan adanya sosialisasi tersebut. Selain itu,kita juga dapat membuat artikel tentang produk yang kami buat dengan mencatumkan keunggulan dan keindahan yang dimilikki dari produk kami secara detail agar orang lain dapat membedakan dan mengetahui produk kami secara luas.

 

5.      Peluang Kerajinan Di Pasaran

Menurut kami, produk yang kami buat ini memiliki peluang usaha yang banyak karena belum banyak produk produk yang menggunakan motif khas kaltim yang diambil dari inspirasi non benda. Peluang usaha yang didapat mungkin besar karena dalam pemasaran masih kurangnya ide-ide kreatif yang ditampilkan dalam produk yang ada dipasaran.namun, berbeda dengan produk yang kami buat karena produk kami telah menggunakan ide-ide kreatif tersebut yang dapat menciptakan peluang usaha yang lebih besar.

Kerajinan kotak tisu corak buah bolok mempunyai peluang yang besar karena manfaat kerajinan ini yang dapat menjadi sarana mengenalkan kebudayaan kebudayaan lokal. Kerajinan ini jika di produksi secara massal akan menjadi peluang yang besar karena mudahnya cara pembuatan. Hal ini dapat menjanjikan dalam memberikan lahan pekerjaan baru kepada masyarakat dan dapat mengurangi tingkat pengganguran yang tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

A.  Simpulan

Dari penjelasan kami diatas terdapat simpulan,yaitu;

1.      Kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda adalah salah satu jenis kerajinan yang memfokuskan pada kerajinan yang idenya berasal dari budaya-budaya tradisional dalam negeri yang bukan benda seperti, cerita rakyat, mitos, tarian, pantun. Jadi dari hal hal tersebut mereka bisa mendapatkan ide untuk menciptakan usahanya sendiri. Maka dari itu kami berusaha memberdayakan suatu kerajinan agar dapat menambah peluang usaha bagi banyak masyarakat dari inspirasi non benda yang utamanya berada di Kalimantan Timur dan juga agar dapat mengenalkan budaya-budaya khas dari karya tersebut.

2.      Setiap jenis budaya tradisi baik nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya. Contohnya: kesenian daerah dan lagu daerah.

3.      Menurut ahli, Budaya lokal adalah budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang berdiam didalam suatu kesatuan wilayah. menurut (koenitaraningrat) maka budaya lokal adalah segala kebudayaan yang telah ada di dalam suatu masyarakat yang kebudayaan tersebut berbeda dengan yang lain atau mempunyai ciri khas tersendiri.

4.      Kerajinan inspirasi non benda adalah kerajinan yang sangat menjanjikan bukan hanya karna kerajinannya yang murah namun juga karna manfaat dan keunggulan yang banyak antara lain dapat menghidupkan rasa cinta produk dalam negri yang sangat kurang di zaman sekarang, dapat meningktakan perekonomian Indonesia dan dapat menjadi sarana yang dapa menyebar luaskan kebudayaan – kebudayaan yang mungkin saja telah di tinggalkan. Ide – ide yang murni dan kreatif dalam kerajinan inspirasi non benda menjadi nilai tinggi dalam persaingan antara produk – produk kerajinan lainnya.

5.      Kerajinan yang terinspirasi budaya lokal nonbenda memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat karena dapat menurunkan tingkat pengangguran yang tinggi di masyarakat. Tidak hanya itu saja manfaat lainnya yaitu, untuk mengenalkan kepada masyarakat umum tentang budaya lokal yang ada di Kalimantan Timur.

 

B.  Saran

Kerajinan inspirasi kebudayaan non benda dibuat dalam maksud agar siswa-siswi maupun masyarakat luas dapat menhargai  kebudayaan-kebudayaan daerahnya, karena dizaman sekarang kebudayaan mulai di tinggalkan  bahkan dilupakan oleh masyarakat. Sebaiknya sebagai generasi penerus kita harus dapat memperkenalkan kembali budaya kita dengan cara-cara yang kreatif, salah satunya dengan membuat kerajinan dari insiprasi kebudayaan-kebudayaan khas tempat kita,selain itu dampak positifnya juga sangat banyak bagi perekonomian masyarakat dan Indonesia sendiri .Mulai sekarang marilah kita hargai dan cintai produk-produk buatan lokal terutama yang lebih mengenalkan kebudayaan kebudayaan yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment