KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH PKWU PEMBUATAN MUGSUBLIM

Monday, March 6, 2023

MAKALAH PKWU PEMBUATAN MUGSUBLIM

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar belakang

Mug atau dikenal dengan gelas cangkir tidak pernah lepas dari tangan masyarakat Indonesia. Alat minum yang satu ini mungkin sering kamu pakai dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya bermacam-macam dengan warna dan motif yang berbeda-beda, menjadikan waktu minum menjadi lebih menyenangkan.

Mug sering digunakan orang untuk menyeduh teh, kopi atau cokelat panas. Mug memiliki bentuk yang lebar dan cocok untuk minuman panas. Ini menjadikan mug sebagai alat minum yang harus kamu punya. Bahkan, karena daya gunanya ini, sering dipercantik agar bisa dijadikan hadiah yang menarik.

Di zaman modern, mug dibuat dari berbagai macam bahan mulai dari keramik hingga stainless steel. Pada masa silam, alat minum ini dibuat dari kaca, seperti gelas kebanyakan yang kamu gunakan saat ini. Bedanya, kaca tersebut kemudian diperkuat dengan bahan lain seperti pyrex, baja, enamel, dan polimer.

 

1.2 Rumusan

-          Apa itu Mug?

-          Apa itu Mug Sublim?

-          Bagaimana cara membuat Mug Sublim?

-          Apa saja alat dan bahan untuk membuat Mug Sublim?

 

1.3 Tujuan

Tujuan dibuatnya makalah ini yaitu untuk menambah kreatifitas siswa dan menambah wawasan siswa.


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Pengertian

Mok atau mug adalah tipe alat minum sejenis cangkir yang umumnya digunakan untuk meminum minuman panas, seperti kopi, teh, atau coklat panas.

 

2.2 Pengertian mug sublim

Mug printing merupakan mug custom yang cara cetaknya menggunakan kertas sublim sebagai media dalam trasfer desain gambar menggunakan printer dan tinta sublim dengan posisi gambar desain miror. Nantinya permukaan mug yang telah dicoating atau mug khusus ini akan dipress menggunakan alat press mug. Berikut ciri-ciri mug printing yaitu:

-          Hasil gambar yang lebih mengkilap

-          Menggunakan mug coating

-          Desain gambar hanya bisa pada permukaan mug depan

-          Kualitas gambar tidak tahan lama, hanya berkisar 6-12 bulan

-          Proses pengerjaan lebih cepat

-          Mampu cetak full warna

-          Harga ekonomis atau terjangkau

 

2.3 Cara Membuat Mug Sublim

Karena berguna untuk penggunaan sehari-hari, Mug sublimasi kerap dijadikan pilihan oleh-oleh, hadiah, atau media promosi. Cara membuat Mug sublim dengan teknik sublimasi ini dilakukan dengan proses transfer desain berupa gambar atau tulisan ke permukaan Mug menggunakan tinta sublim dan melalui proses pemanasan.

 

 

 

2.4 Alat-alat dan Cara Pembuatan

a. Alat

Untuk membuat sablon gelas digital ini, Anda harus mulai berinvestasi pada peralatan berikut.

1. Mesin Press Mug

Mesin press ini yang akan mentransfer tinta sublim melalui proses pemanasan ke permukaan gelas keramik atau Mug. Mesin press Mug ini memiliki pengaturan waktu dan panas sesuai kebutuhan.

 

2. Kertas Sublim

Desain berupa tulisan atau gambar nantinya akan dipindahkan dengan media kertas sublim. Kertas sublim merupakan kertas terbaik untuk mug sublimasi karena menghasilkan gambar yang sempurna dan jelas.

Selain kertas sublim, Anda bisa menggunakan kertas inkjet, namun hasilnya menjadi lebih soft karena akan ada sisa tinta yang menempel pada kertas.

 

3. Tinta Sublim Dan Printer Epson

Meski cara membuat Mug dengan teknik sublimasi terbilang paling efisien dibanding teknik print Mug lainnya, Anda harus memiliki tinta khusus ini. Tinta sublim khusus digunakan untuk mentransfer desain sablon pada kain, Mug, dan piring yang sudah di coating.

Mengapa printer EPSON? Karena hingga kini hanya printer EPSON yang dapat menggunakan tinta sublim. Printer Epson yang paling digemari oleh pelanggan adalah Printer Epson L Series  Selain itu, hasil cetak akan lebih bagus karena sudah memenuhi standar printing.

 

4. Mug Putih Polos Yang Sudah Di Coating

Agar tinta melekat dengan baik pada Mug, pastikan Anda menggunakan Mug yang telah di coating.  Coating merupakan cairan pelapis pada permukaan Mug agar tinta sublim dapat melekat. Sebaliknya, bila menggunakan Mug tanpa coating, desain gambar tidak akan berpindah ke permukaan Mug.

5. Lakban Atau Isolasi Tahan Panas

Lakban berfungsi sebagai penahan kertas agar tidak posisinya tidak berubah selama proses press berlangsung.

 

b. Proses Pembuatan

Langkah Detail Cara Membuat Mug Sublim

Setelah memastikan seluruh peralatan telah siap, berikut langkah-langkah membuat sablon digital pada Mug.

 

1. Cetak desain

Siapkan bahan desain seperti gambar atau tulisan. Gunakan bantuan software desain grafis seperti Adobe Ilustrator dan Corel Draw, atau bahkan Photoshop. Ukuran standar cetak sublimasi adalah 8 cm x 20 cm dengan resolusi 300 px/cm. Print desain Anda pada kertas sublim dengan menggunakan setting mirror image.

 

2. Potong dan tempel

Cara membuat Mug sublim selanjutnya adalah memotong hasil desain yang sudah Anda print sebelumnya. Kemudian tempelkan pada permukaan Mug. Perhatikan posisinya, yakni sisi gambar menempel ke permukaan Mug. Setelah yakin posisinya sudah rapi, lekatkan dengan lakban atau isolasi.

 

3. Press Mug

Masukkan Mug ke dalam mesin press. Atur suhunya pada 200 derajat celcius, dengan waktu  150 detik. Tunggu hingga mesin press berbunyi, pertanda proses telah selesai. Keluarkan Mug dari mesin, jangan lupa mengenakan sarung tangan, dan lepaskan perlahan kertas sublim yang masih menempel. Selesai, sekarang Mug dengan desain pilihan Anda telah jadi. Anda bisa menggunakannya sebagai hadiah, souvenir, atau untuk menyesap minuman favorit Anda.

2.5 Faktor Penyebab Gagalnya Hasil Mug Sublimasi

Meski cara membuat Mug sublim dengan printer sublimasi di atas mudah, namun bila terjadi sedikit kesalahan, hasilnya tidak akan maksimal, bahkan gagal.

 

1. Suhu Mesin Terlalu Tinggi atau Kurang Tinggi

Bila setting suhu pada mesin press terlalu tinggi, hasil print akan gosong. Sebaliknya bila suhu mesin kurang tinggi, hasil print menjadi kurang terang dan gambar bisa tersisa menempel pada kertas. Untuk mengetahui suhu yang pas, Anda bisa mengikuti petunjuk teknisi atau mengacu pada manual book.

 

2. Lapisan Coating yang Tidak Merata

cara membuat Mug sublim dengan lapisan coating yang terlalu tipis akan menyebabkan hasil yang buram atau bahkan luntur. Sedangkan lapisan coating yang kurang kuat akan membuat hasil cetak menjadi mudah mengelupas. Selain itu coating yang kurang baik kualitasnya akan mengakibatkan kertas lengket ke permukaan Mug.

 


BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

Demi mendapat hasil Mug sublimasi yang sesuai keinginan, perhatikan setiap detail proses pembuatannya. Mulai dari pemilihan bahan baku, yakni menggunakan Mug dengan kualitas coating yang baik dan tinta sublim yang tepat, hingga memperhatikan temperatur mesin heat press.

Demikian cara membuat Mug sublim dengan printer sublimasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi Anda yang baru saja merintis bisnis percetakan digital.

No comments:

Post a Comment