KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH MICROSOFT PUBLISHER 2007

Friday, November 11, 2016

MAKALAH MICROSOFT PUBLISHER 2007


BAB I

PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Microsoft adalah produsen handal dan ternama dengan produk – produknya yang terkenal user friendly serta memberikan sumbangsih yang besar untuk kemudahan hidup manusia hampir dalam segala bidang, terutama dalam dunia perkantoran, bisnis, hingga desain dan percetakan. Salah satu software keluar microsoft yang dapat memudahkan penggunanya dalam menciptakan berbagai macam desain adalah microsoft office publisher 2007.
Dengan menggunakan software ini, kita dapat menciptakan percetakan sendiri.Hampir setiap hari kita temukan hasil penerapan software ini, seperti kalender, kartu ucapan, kartu undangan, kartu pos, desain origami, form bisnis, banner, iklan, brosur,katalog, newsletter, desain email, flyer, menu, sertifikat penghargaan, sign, label, resume,dan stationary perusahaan. Semuanya akan dapat kita buat sendiri jika kita mampumenggunakan software yang cukup mudah ini. Bayangkan keuntungan – keuntungan yang kita peroleh jika menguasai software ini.
Pada makalah ini juga kami akan mencoba untuk menyajikan segala informasi mengenai software Microsoft Office Publisher 2007ini. Jadi, Apakah Anda tidak ingin mencobanya?? Semuanya akan kami kupas secara mendalam pada makalah ini

B.   RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah masalah dari makalah ini adalah membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan Microsoft Publisher 2007.

C.   TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui penulisan dan penyusunan makalah ini adalah :
1.    Untuk memenuhi tugas di kelas XI TKJ AP KK SMK BINA PRESTASI MANDIRI  Pebayuran  tahun ajaran 2016
2.    Untuk mengetahui pengertian dari Microsoft Publisher 2007

3.    Untuk mengenal lebih dalam mengenai sejarah Microsoft Publisher 2007
4.    Untuk mengetahui cara pemakaian di dalam software Microsoft Publisher 2007
5.    Untuk mengetahui contoh hasil penerapan dari software ini dan bagaimana cara pembuatannya

D.   METODE PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data melaluibrowsing dari internet.











BAB II
PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN MICROSOFT PUBLISHER

Microsoft Publisher, secara resmi Microsoft Office Publisher, adalah sebuah aplikasi desktop publishing dari Microsoft. Softwere Microsoft Office Publisher 2007 ini merupakan aplikasi desain yang ringan dan mudah untuk di gunakan. Sehinggga kita tidak perlu memerlukanwaktu lama untuk dapat menciptakan kreasi – kreasi desain pribadi yang menawan untuk sekelas percetakan. Dengan softwere ini, kita dapat membuat berbagai macam kreasi desain semudah kitaklik dan drag.Selain itu, aneka macam template desain yang cantik dan unik telah di sediakan oleh Microsoft office publisher 2007 untuk memudahkan penggunaannya dalam menciptakan anekamacam karya desain dalam waktu yang singkat.Seperti Microsoft – Microsoft lainnya, Microsoft Office Publisher ini juga memilikiekstension sendiri. Adapun, Ekstension pada Microsoft Office Publisher ini adalah .pub

B.     SEJARAH MICROSOFT OFFICE PUBLISHER
Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang termuda. Kala itu Microsoft publisher masih memiliki banyak kekurangan. Keterbatasan itu menyebabkan dekstop publishing Microsoft ini sedikit tertinggal dibanding kompetitornya.Dengan kondisi seperti itu, Microsoft tentu tidak berdiam diri mereka pun segera memperbaiki publisher. Hasilnya, Microsoft publisher memiliki segudang kemampuan yang tak ada digenerasi sebelumnya. Bahkan Microsoft publisher 2007 telah mampu untuk menghasilkan output file PDF berkualitas dengan kemampuan embedded font (Anonimd, 2011).
Kelebihan utama Microsoft publisher yaitu pengoprasiannya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Kelebihan inilah yang membuat bisnis-bisnis kelas menegah bawah mau melirik Microsoft publisher. Mereka yang tidak memiliki tenaga ahli dalam desain dapat memamfaatkan Microsoft publisher untuk menciptakan materi pemasaran seperti iklan, brosur, kartu nama, spanduk, sertifikat, amplop, kartu pos, katalog, kop surat, hingga kartu ucapan hanya dengan beberapa klik saja (Anonimd, 2011).
Pada Microsoft Publisher terdapat berbagai macam template-template yang dapat kita gunakan.Template ini dapat kita modifikasi semenarik mungkin sesuai dengan keinginan kita (Anonime, 2012).
Berdasarkan Anonime (2012), berikut nama-nama template-template Microsoft publisher
1.    Advertisement
2.    Award Certificate
3.    Banners
4.    Brochures
5.    Bussinesss Cards
6.    Business Forms
7.    Calendars
8.    Catalogs
9.    E-mail
10.  Envelope
11. DLL


C.     BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT PUBLISHER
Menurut Oscar (2007), menjelaskan bahwa bagian-bagian yang terdapat di dalam interface program MS Publisher yaitu :
1.             Office Button
Tombol Office digunakan untuk menampilkan menu-menu atau perintah yang berhubungan dengan dokumen, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan lain-lain.
2.             Quick Acess Toolbar
Quick Acess Toolbar merupakan bagian yang berisi icon-icon yang digunnakan untuk mempercepat akses sebuah perintah.
3.             Tab Menu
Bagian yang menunjukkan menu-menu yang berhubungan dengan perintah untuk mengolah dokumen.
4.             Title Bar
Bagian yang menunujukkan nama dari sebuah dokumen. Terdapat pada bagian teratas jendela Microsoft Publisher.
5.             Ribbon
Bagian yang berisi perintah-perintah dari sebuah menu. Setiap ribbon yang muncul berbeda-beda tergantung dari menu yang dipilih.
6.             Format Publication
Bagian yang menampilkan beberapa pilihan pemformatan publisher, baik itu Page Option, Color Scheme, Font Scheme dan lain-lain.
7.             Horizontal Scroll  Bar
Bagian yang digunakan untuk menggeser layar ke bawah atau untuk menuju ke halaman selanjutnya.
Menurut Oscar tahun 2007 menjelaskan bahwa menu-menu program MS Publisher yang sering digunakan setelah kita memilih jenis publisher terdapat pada bagian Tab Menu. Adapun menu-menu tersebut adalah :
1.             File
Untuk membuka menu File, tekan tab Home lalu akan muncul beberapa perintah.
2.             Edit
Untuk membuka menu Edit, tekan tab Edit lalu akan muncul perintah mengedit data.
3.             View
Untuk membuka menu View, tekan tab View lalu akan muncul perintah untuk memunculkan perintah.
4.             Insert
Untuk membuka menu Insert, tekan tab Insert lalu akan muncul beberapa perintah penyisipan objek.
5.             Format
Untuk membuka menu Format, tekan tab Format lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan tampilan.
6.             Tools
Untuk membuka menu Tools, tekan tab Tools lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan pengejaan kata.
7.             Arrange
Untuk membuka menu Arrange, tekan tab Arrange lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan tampilan gambar.
8.              
9.             Table
Untuk membuka menu Table, tekan tab Table lalu akan muncul beberapa perintah untuk menyisipkan tabel.

D.            KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MICROSOFT PUBLISHER 2007
1.    Kelebihan Microsoft Publisher 2007
-          Mudah di gunakan, karena semua type hasil publisher telah di pampangkandi bagian Publication Types. Sehingga user Cuma tinggalmengkreasikannya saja.
-          Memiliki template – template yang indah dan unik, sehingga memudahkan penggunaannya dalam menciptakan aneka macam karya desain dalamwaktu yang singkat.
-          Dapat menciptakan berbagai jenis hasil karya desain yang indah yangsangat di butuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga, dengan katalain, software ini dapat menghasilkan uang yang banyak.
-          Fitur – Fitur pada Microsoft Publisher 2007 ini lebih mudah di eksplorasi dibandingkan edisi sebelumnya.


2.    Kelemahan Microsoft Publisher 2007
-          Secara awam, keberadaan softwere ini di Indonesia belum setenar softweredesain grafis lainnya yang terdahulu, sehingga pengguna software ini hanya sebatas dari kalangan desainer.
-          Penggunaan software ini hanya sebatas untuk mendesain saja. Dengan kata lain, software ini tidak memiliki fungsi penggunaan yang multi ganda seperti yang dimiliki Microsoft Office Word 2007.
-          Sebagai sebuah software desain, software ini memiliki kekurangan yangsangat fatal. Yakni software ini tidak memiliki tools, seperti yang di miliki corel draw

E.     MENGAKTIFKAN MICROSOFT PUBLISHER
Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Publisher dengan langkah-langkah sebagai berikut.
-          Klik menu Start
-          Arahkan pointer mouse pada All Programs
-          Arahkan pointer mouse pada  Microsoft Publisher
-          Klik Microsoft Publisher

Untuk pembuatan website ini kita menggunakan cara yang bersifat automatic / instant yang nanti pada akhirnya kita dapat mengedit / merubah sesuai dengan keinginan kita. Untuk sementara kita biarkan Microsfot Publisher membuatkannya untuk kita berdasarkan konsep yang sudah kita persiapkan.

F.    CONTOH PENGGUNANAN MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE PUBLISHER 2007
1.            Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Publisher 
Langkah-langkah
-          Pilih folder calendars di tampilan awalnya atau pilih menu file – New lalu pilih folder
-          Pilih template atau biasa bikin sendiri. Cuma lebih mudah pilih template jadi ga perlu bikin angka-angka tanggal lagi. Kalo mau pilih warna utama dan jenis huruf bisa liat di menu sebelah kanan yaitu customize. Terus ke menu options kalo mau milih ukuran kertas atau timeframenya (satu halaman mau dibuat perbulan atau langsung 12 bulan) atau mau pilih bulan apa (Set Calendar dates). Kalo udah klik CREATE di pojok kanan bawah
-          Setelah itu, silakan berkreasi sendiri. Kalau mau tambah gambar dari koleksi pribadi bisa dengan memilih menu insert – picture – from file
-          Kalau mau menyimpannya bisa dengan berbagai format antara lain denga format publisher sendiri, word, atau di konversi kedalam picture seperti JPG, Gif, PNG. 
-          Setelah disimpan bisa langsung di print sesuai dengan keinginan

2.    Membuat Kartu Nama Sendiri Menggunakan Microsoft Publisher 2007
Langkah-langkah
-          Buka Microsoft Publisher 2007
-          Pilih Menu Business Cards dari Daftar Publication Types
-          Pada bagian tengah terlihat berrbagai macam template kartu nama yang tersedia
-          Pilih salah satu template yang kamu sukai
-          Masukkan data pribadi kamu pada kolom yang tersedia
-          Gambar dapat diubah diambil dari file yang ada dari komputer
-          Ubah warna, jenis font dan tata letak sesuai keinginan
-          Selesai dan sekarang tinggal cetak

3.    Membuat hasil print-an menjadi sangat besar bahkan sebesar dinding rumah 
Langkah-langkah
-          Bukalah program aplikasi MS.Publisher 2007
-          Setelah program terbuka ,maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat ukuran kertas sesuai yang anda inginkan.contohnya ukuran sebesar kertas karton,maka anda harus membuat ukuran kertas baru pada Custom size.caranya
-          Klik pada icon balnk page sizes
-          Pilih icon “Create Custom Page Size” untuk membuat ukuran yang anda inginkan
-          yang perlu anda lakukan sekarang adalah membuat ukuran page sesuai keinginan.misalnya ukuran kertas karton (34 x 24 inch) atau ukuran sebesar dinding rumah anda pun bisa dibuat asalkan anda tahu ukuranny
-          Klik icon “ Create “ yang terdapat pada pojok kanan bawah window.untuk memulai melakukan desain
-          Sekarang anda siap untuk melakukan desain yang anda inginkan.
-          Setelah anda selesai melakukan desain,print dokument tersebut.tetapi ukuran kertas pada print
-          Secara otomatis printer driver akan melakukan setting menuju bentuk tile.
-          Selanjutnya tekan ok atau print untuk mulai melakukan pengeprinan.
-          Akhirnya setelah hasil print keluar,anda hanya perlu menggunting marginnya dan menyambungnya satu sama lain seperti membuat suatu puzzle 









BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan sbb :
1.  Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang termuda
2.  Fungsi atau kegunaan microsoft publisher adalah Untuk membuat majalah, membuat kalender , membuat madding, membuat kartu ucapan, membuat brosur, membuat poster dan juga untuk membuat karya desktop publishing


B.    SARAN
Demikianlah makalah yang kami  buat ini, mudah – mudahan apa yang kami paparkan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua untuk lebih mengenal mengenai software Microsoft Publiser 2007. Penulis menyadari apa yang dipaparkan dalam makalah ini tentu  masih belum  sesuai apa yang di harapkan dengan  ini saya berharap masukan yang lebih banyak lagi dari guru pembimbing dan teman – teman semua.



File Berbentuk Dokumen
















Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment