KUMPULAN MAKALAH : PROPOSALPENELITIAN PENGARUH TELEVISI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

Thursday, May 28, 2020

PROPOSALPENELITIAN PENGARUH TELEVISI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (SD)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan global dan menyiapkan masa depan bangsa. Untuk itu perlu kita sadari bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menghadapi tantangan global baik dalam bersaing, maupun dalam prestasi. Salah satu masalah yang sampai sekarang masih dihadap oleh bangsa Indonesia adalah semakin menurunnya kuaitas pendidikan.
Namun kali ini kita akan berbicara tentang pengaruh acara-acara di televisi dalam tanda pengaruh negatifnya, terhadap prestasi belajar siswa. Penyebab terpengaruhnya prestasi siswa sekolah Dasar terhadap acara-acara yang ditayangkan di televisi khususnya di SDN Karang Patri 03, Desa Karang Patri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Terutama orang tua sebagai orang yang paling dekat terhadap kondisi anak. Orang tua harus memberikan batasan-batasan untuk anak menonton televisi sepenuhnya tidak membiarkan anak menonton televisi menjadi kebiasaan.
Sebagian siswa di SDN Karang Patri 03, belum ada minat dalam belajar, sebagian waktu mereka dihabiskan dengan cara menonton televisi dan bermain sama teman-teman. Siswa kurang sadar dampak televisi bagi prestasi belajar siswa.  Meskipun menonton televisi dapat menambah pengetahuan siswa, tetapi akan berdampak buruk terhadap prestasi belajar siswa.  Siswa yang terlalu serin menonton televisi akan melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar yaitu “Belajar”. Akibatnya prestasi mereka di sekolah makin merosot drastis.

1.2. Rumusan Masalah

·         Apa fakrtor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa di SDN Karang Patri 03.
·         Apa dampak positif dan negative televisi terhadap prestasi siswa di SDN Karang Patri 03.
·         Apa upaya yang dilakukan orang tua untuk menanggulangi pengaruh televisi terhadap prestasi belajar siswa di SDN Karang Patri 03.

1.3. Tujuan Penelitian

·         Untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya minat belejar siswa SDN Karang Patri 03.
·         Untuk mengetahui dampak positif dan negatif televisi terhadap prestasi siswa di SDN Karang Patri 03.
·         Untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua untuk menanggulangi pengaruh televisi terhadap prestasi belajar siswa di SDN Karang Patri 03.

1.4. Manfaat Penelitian

Secara Umum:
·         Bagi masyarakat         : Agar generasi muda dapat bermanfaat dalam masyarakat.
·         Bagi pemerintah         : Agar dapat mencetak generasi meda yang panda, terampil sehigga
  dapat bekerja dan mengurangi pengangguran.
Secara Khusus:
·         Bagi siswa                  : Agar siswa sadar mengenai pentingnya belajar dan dapat
  memperoleh prestasi meksimal.
·         Bagi orang tua            : Diharapkan orang tua membatasi waktu menonton televisi
  anaknya.




BAB II

Kajian Teori ATAU LANDASAN TEORI


2.1. Pengertian

2.1.1. Pengertian Pengaruh Negatif

Pengaruh menurut bahasa Indonesia adalah gaya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang.

2.1.2. Pengetian Televisi

Dalam bahasa Inggris televisi ini disebut dengan television, istilah television berasal dari perkataan yunani tele: far, of, jauh. Ditambah dengan vision yang berasal dari bahasa latin vision, yang artinya to see, melihat jadi arti secara harfiah melihat jauh. Namun arti secara global adalah sebuah alat media informasi yang audiovisual satu arah.



2.1.3. Pengertian Prestasi Belajar

Maksud belajar yaitu setiap orang yang melakukan proses belajar akan mengalami sesuatu perubahan pada dirinya. Menurut flaneto (1995:2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dalam lingkungannya.
Adapun prestasi dapat diartikan sebagai hasil yang diperoleh karena adanya aktifitas belajar yang telah dilakukan.
Menurut Purwanto (1986:28) prestasi yaitu hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usahanya belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport.
Dampak Positif Televisi :
·         Memberikan informasi kepada siswa atau masyarakat atau penonton televisi.
·         Menambah pengetahuan siswa atau penonton.
·         Menjadi sarana hiburan.
·         Mengisi waktu luang.



Dampak negatif Televisi:
·         Jika menjadi kebiasaan akan mengganggu proses belajar siswa, siswa jadi malas dalam belajar.
·         Menurunkan minat belajar siswa.
·         Memberikan contoh negative pada siswa, karena meniru apa yang disiarkan di televisi dalam tanda hal yang negatif.
·         Jika siswa menonton televisi terlal malan, siswa akan terlambat masuk sekolah dan juga siswa mesi nantuk dan tidak bisa menerima pelajaran secara maksimal.








BAB III

Metodologi PENELITIAN


3.1. Pendekatan Penelitian

Studi eksperimen yaitu dengan disengaja mengusahakan timbulnya variable-variabel dan selanjutnya dikotrol untuk dilihat pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Penelitian tindakan adalah suatu bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi social untuk penalaran dan keadilan praktik pendidikan serta pemahaman mereka terhadap praktik-praktik dan terhadap situasi tempat dilakukannya praktik tersebut.

Target penelitian ini adalah pelajar.

SDN Kertasari 03,  yang  berlokasi  di  Desa  Kertasari  Kec.  Pebayuran  Kab. Bekasi.



Waktu penelitian dilakukan sebagai berikut:
1.    Hari kamis  tanggal  21
·         Membuat judul, latar belakang dan rumusan masalah.

2.    Hari  jumat tanggal 22
·         Membuat tujuan serta manfaat penelitian.

3.    Hari Selasa tanggal 26
·         Mencari referensi tentang masaah yang diteliti.
·         Membuat bagian teori dan metodelogi.
·         Menbuat daftar pustaka.

4.    Hari senin tanggal 20
·         Presentasi atau laporan penelitian.





BAB IV

PENUTUP


4.1. Kesimpulan

Dengan banyaknya tayangan televisi mengakibatkan dampak bagi para siswa, tidak hanya dampak positif tapi juga dampak negatif. Saya dapat menyimpulkan bahwa dijaman yang era modern ini banyak para siswa yang belum waktunya menonton film atau sinetron (sinetron dewasa) dan juga para siswa yang dapat menambah wawasan yang lebih luas dan tidak terlalu menonton.
Dampak positif yang dapat kita ketahui yaitu perkembangan informasi dari belahan dunia manapun secara cepat dan akurat,  namun sayangnya secara itu ditelan mentah-mentah baik benar maupun ataupun hanya sekedar isu-isu belaka.
Dampak negatif ini sangat berpengaruh buruk bagi kehidupan, mental, serta pikiran para pelajar. Dan akibatnya banyak siswa  yang malas belajar dan yang ada dalam hayalan mereka seperti yang ada pada acara itu.
Untuk itulah muncul sebuah pemikiran untuk mengevaluasi pengaruh media televisi terhadap pola pikir dan perilaku siswa, yang diharapkan akan timbul suatu bentuk nyata untuk meminimalisir adanyapengaruh buruk media televisi terhadap perkembangan siswa dan penulis menuangkan dalam tulisanya yang berjudul “Pengaruh Tayangan Televisi Bagi Siswa”.

4.2. Saran

1.        Bagi orang tua :              
Saran saya agar orang tua dapat meningkatkan perhatian anak-anaknya yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Terutama mereka yang sedang mempunyai anak usia tiga sampai lima tahun, harus lebih perhatian dan mewaspadai tayangan yang akan ditonton oleh anak-anak.

2.        Bagi pemerintah :
Saran kami terhadap pemerintah supaya pemerintah dapat bertindak tegas terhadap perkembangan dunia film Indonesia. Terutama apabila film tersebut akan di tayangkan , pemerintah harus dapat melakukan seleksi yang ketat terhadap film tersebut, serta menentukan jam tayang khusus bagi film anak-anak.


No comments:

Post a Comment