KUMPULAN MAKALAH : MAKALAH KERAJINAN BUBUR KERTAS

Sunday, September 16, 2018

MAKALAH KERAJINAN BUBUR KERTAS


PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sekarang ini, kuantitas dan kualitas sampah sudah sangat memerhatikan. Sampah seringkali dibiarkan menumpuk di TPA tanpa ada pengolahan yang lebih tepat. Selama ini, pengolahan sampah di TPA hanya melalui proses pembakaran. Proses ini memang dapat dengan mudah mengurangi jumlah sampah tetapi membuat residu gas yang dapat merusak sistem iklim bumi. Oleh karena itu, proses pengurangan sampah dengan pembakaran harus dikurangi agar tidak memperburuk kondisi bumi kita.
Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan daur ulang. Daur ulang adalah kegiatan untuk memproses kembali sampah yang tidak terpakai menjadi memiliki nilai guna kembali. Dengan daur ulang, sampah dapat dikurangi tanpa resiko yang besar. Daur ulang biasa dilakukan untuk sampah anorganik dan sebagian organik. Hal ini dikarenakan sampah organik memiliki daya tahan yang tidak lama sehingga menghambat proses daur ulang. Salah satu sampah organik yang dapat didaur ulang adalah sampah kertas. Sampah kertas yang dimaksud adalah berupa koran-koran bekas, arsip yang tak terpakai, dll.
Kertas sendiri merupakan produk dari kulit pohon pinus. Kertas memang memiliki masa hancur yang tidak lama. Akan tetapi, hal ini tidak sebanding dengan pemakaian kertas sehari-hari yang sangat besar. Dengan begitu, banyak sekali sampah kertas yang mendominasi tempat pembuangan selain sampah plastik. Oleh karena itu, sampah kertas perlu diolah lebih lanjut dengan didaur ulang agar menjadi kerajinan yang memiliki nilai guna, salah satunya bubur kertas.

1.2  Rumusan Masalah
1)      Apa tujuan dari pembuatan patung dari bubur kertas ini?
2)      Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan patung dari bubur kertas?
3)      Bagaimana cara membuat patung dari bubur kertas?



1.3  Tujuan Makalah
1)      Untuk mengetahui tujuan dari pembuatan patung dari bubur kertas.
2)      Untuk mengetahui alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan patung dari bubur kertas.
3)      Untuk mengetahui cara membuat patung dari bubur kertas.

 

 



















BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Pengertian
Bubur kertas merupakan kertas bekas yang dihancurkan agar seperti bubur. Tujuan kertas dijadikan seperti bubur adalah agar mudah dibentuk menjadi kerajinan-kerajinan lain. Bubur kertas dapat diolah menjadi bermacam-macam kerajinan seperti patung, kertas daur ulang, dll.

2.2 Kerajinan Bubur Kertas
Bubur kertas dapat dikreasikan menjadi aneka hiasan cantik, dengan cara yang amat mudah, yaitu tinggal mencetaknya pada cetakan yang diinginkan dan menambahkan berbagai hiasan, lalu diwarnai. Maka, hiasan cantik pun telah jadi.
Bubur kertas juga dapat dicetak menjadi kertas daur ulang. Sementara itu, kertas daur ulang sendiri dapat dimanfaatkan untuk aneka keperluan, seperti membuat aneka kerajinan tangan, undangan, atau kotak kado.
Mengolah sampah kertas menjadi bubur kertas, kemudian menggunakannya untuk membuat beragam hiasan cantik merupakan cara mudah dan kreatif untuk mengurangi pembuangan sampah, menghemat penggunaan kertas, dan mengurangi penebangan hutan yang kayunya akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas. Muara dari semua ini penyelamatan lingkungan dari kerusakan yang lebih parah.
Mengolah sampah kertas menjadi bubur keras, lalu mengkreasikannya menjadi aneka barang kerajinan juga menjadi cara yang murah untuk memiliki pernak-pernik hiasan rumah. Hingga rumah atau kamar Anda dapat tampil lebih cantik tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.



2.3 Contoh Kerajinan Bubur Kertas
Tujuan pembuatan kerajinan dari bubur kertas di antaranya mengurangi sampah yaitu dengan memanfaatkan koran dan kertas bekas sebagai bahan untuk membuat sebuah kerajinan yang bisa menjadi objek seni maupun bisa bernilai ekonomis apabila membuat dalam jumlah besar dan bisa menjualnya dan bisa menghasilkan uang bisa buat jajan.
Alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas untuk bahan berkarya kerajinan.
Langkah-langkah membuat kerajinan bubur kertas :
2.3.1 Alat dan Bahan :
1)      Kertas Bekas
2)      Air
3)      Tepung Tapioka (kanji)
4)      Garam
5)      Baskom (wadah)
6)      Cat Poster
7)      Gunting


2.3.2 Cara Pembuatan:
1)      Siapkan kertas bekas, robek/gunting kertas bekas menjadi potongan-potongan kecil,
2)      Masukan potongan kertas tersebut kedalam baskom/wadah, Kemudian beri air hangat sampai potongan kertas tersebut terendam,
3)      Beri garam secukupnya, fungsinya mencegah kertas menjadi busuk selama direndam,
4)      Diamkan selama 1-2 hari hingga menjadi lunak,
5)      Setelah didiamkan kemudian peras bubur kertas tersebut (pisahkan kertas lunak dengan air),
6)      Buat lem dari tepung kanji, caranya campurkan tepung kanji dengan air lalu rebus hingga lengket seperti lem (berwarna bening),
7)      Tuangkan lem sedikit demi sedikit pada kertas lunak, lalu uleni hingga lem merata,
8)      Bentuk sesuai keinginan (bisa manual atau menggunakan cetakan),
9)      Jemur kerajinan bubur kertas tersebut, hindari panas matahari secara langsung,
10)  Setelah benar-benar kering cat kerajinan bubur kertas dengan cat poster agar warnanya cerah,
11)  Jemur kembali agar cat kering,

Tempat Pensil
Shaun The Sheep
Tempat Pulpen/Hiasan
Konsumen kertas daur ulang banyak dari kalangan industri kreatif misalnya sentra pengrajin pigura, percetakan undangan, sekolah-sekolah,dll. Mereka menciptakan sesuatu yang berguna dari kertas daur ulang. Latihan membuat bubur kertas daur ulang mulai banyak bermunculan. Ini merupakan bentuk kampanye kepada generasi muda untuk lebih bijak menggunakan kertas.

2.4 Kelebihan dan kekurangan kerajinan Bubur Kertas
2.4.1 Kelebihan
Kerajinan buburkertas dapat mengurangi sampah kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk kita.

2.4.2 Kekurangan
Kerjinan bahan keras memang tidak secantik dan sekokoh bahan lain semacam logam dan kayu, dan tidak tahan terhadap air.

2.5 Teknik Kerajinan Bubur Kertas
·         Teknik Lipat Teknik ini dapat digunakan untuk membuat benda kerajinan dari bahan limbah kertas. Contoh: origami, anyaman (kertas dilipat-lipat sebelum dianyam), dan benda kerajinan lainnya.
·         Teknik Bubur Teknik ini dapat digunakan untuk membuat benda kerajinan dari bahan limbah kertas, yaitu limbah kertas yang dibuat menjadi bubur kertas (bahan dasar kerajinan).
·         Teknik Tumpuk; Teknik ini menggunakan cara menumpuk atau menyusun.
·         Teknik Press/Tekan; Teknik press adalah teknik menempel dengan menekankan kedua bagian bahan kerajinan untuk disatukan.
·         Teknik Memotong Teknik ini bisa digunakan untuk membuat benda kerajinan dari bahan limbah organik maupun anorganik.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pembuatan kerajinan dari bubur kertas memiliki nilai estetik yang terbilang cukup baik. Keindahan dari kerajinan yang dibuat dari bubur kertas ini tidak hanya terletak dari fisiknya tetapi bahan bakunya yang membuat spesial. Kertas yang biasanya hanya menjadi barang gudang dapat terpakai menjadi barang yang lebih berguna. Kerajinan dari bubur kertas juga dapat memiliki nilai ekonomis tergantung dari kualitas kerajinan yang dibuat. Dengan meningkatkan kualitas seni dari kerajinan bubur ini, diharapkan dapat menjadi kreasi baru yang dapat digunakan sebagai produk UMKM di Indonesia, Oleh karena itu, pembuatan bubur kertas ini harus selalu diperbarui inovasi dan kreasinya agar terus berkembang.

3.2 Saran
Dengan adanya makalah ini diharapkan agar manusia dapat lebih mengetahui manfaat dari sampah kertas yang berguna bagi masyarakat. Sehingga kita dapat mengembangkan karya atau seni yang ada dalam diri tiap individu, menambah nilai ekonomis dari suatu barang, serta turut menjaga lingkungan dari penumpukan sampah.










No comments:

Post a Comment